Madrasah Itu Penjaga Moral dan Pusat Pendidikan Karakter

Print Friendly and PDF

Madrasah 
Madrasah merupakan lembaga pendidikan dinamis tidak statis yang mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman. Madrasah juga sebagai penjaga moral sekaligus pusat pendidikan karakter yang membentengi diri dari pengaruh negatif perkembangan global.
"Ketika tantangan krisis moral terjadi, madrasah turut menjawab menjadi penjaga moral dan pusat pendidikan karakter serta mampu membentengi diri dari perkembangan peradaban di tataran dunia global," kata Wapres Boediono saat membuka Simposium Internasional Pemberdayaan Madrasah dalam Konteks Global di Jakarta.
Wapres berpendapat madrasah telah memberi sumbangan penting tidak hanya mendidik pemimpin informal dengan lahirnya para ulama dan kyai juga pemimpin formal di lembaga eksekutif, legislatif dan yudikatif.
Untukk itu, ia berharap madrasah di Indonesia menjadi model bagi negara lain dengan menampilkan kurikulum yang maju sesuai perkembangan zaman.
“Madrasah harus mengambil peran penting bagi generasi muda di era ilmu dan teknologi yang terus berkembang tanpa meninggalkan nilai nilai ke agamaan," imbuh Boediono.
Dalam kesempatan itu, Wapres mengemukakan keprihatinannya dengan pemberitaan tentang madrasah akhir-akhir ini. Dalam media global, madrasah sering didefinisikan sebagai breeding ground of Islamic radicalism. “Ini perlu direspon. Karena madrasah di dunia Islam memiliki variasi yang luar biasa,” ujarnya.
Ia juga mengingatkan agar madrasah di Indonesia tidak mengakomodir sumber luar yang mengajarkan tentang kebenaran dengan keyakinan yang sempit. Sebaliknya, madrasah mesti menjadi bibit penyemaian pengajaran yang tidak sempit, damai dan toleransi.
Demikian info mengenai Madrasah Itu Penjaga Moral dan Pusat Pendidikan Karakter, semoga ada manfaatnya. (Sumber : metrotvnews.com).
Previous
Next Post »

WARNING..!! Etika BERKOMENTAR di Blog all's well :

a. Gunakanlah Perkataan yang Baik, Ramah dan Sopan
b. Komentar SPAM akan all's well HAPUS setelah direview
c. Komentar NEGATIF & RASIS akan Segera di HAPUS
d. Dilarang Menambahkan "LINK AKTIF" dalam Komentar

Note: "ANDA SOPAN KAMI PUN SEGAN" (all's well) ConversionConversion EmoticonEmoticon

Our Gallery