Madrasah Riset Menjadi Agenda Tahunan

Print Friendly and PDF

 
Madrasah harus menjadi tempat belajar  yang memadukan antara ajaran Islam yang kuat dan akhlakul karimah dengan mempertimbangkan keseimbangan iman, ilmu, dan amal. Untuk keperluan ini maka setiap madrasah diharuskan untuk mengalokasikan dana khusus untuk kegiatan riset. Demikian ditegaskan oleh Prof Nur  Syam, Direktur Jenderal Pendidikan Islam.
“Andai  5 % saja dari anggaran yang ada di madrasah digunakan untuk kegiatan ini, maka saya tidak bisa bayangkan apa yang akan terjadi dalam 5 sampai dengan 10 tahun mendatang. Insya Allah mimpi kita akan lahirnya ilmuwan-ilmuwan muslim dari rahim madrasah akan terwujud” jelas beliau. “Mengamati perkembangan beberapa tahun terakhir, saya melihat banyak penelitian yang dilakukan oleh para siswa madrasah, baik tingkat Madrasah Aliyah maupun Madrasah Tsanawiyah bahkan Madrasah Ibtidaiyah, yang sangat bagus dan bersentuhan langsung dengan masyarakat. Dengan demikian kita menjadikan Madrasah Riset sebagai agenda resmi tahunan”, ditegaskan oleh Prof Dr Nur Syam, MSi, Direktur Jenderal Pendidikan Islam, saat ditanya wartawan di sela-sela Launching Program Madrasah Riset Nasional (Pro Madrina), Mataram, NTB, Rabu (04/09).
“Bahkan, ada siswa madrasah yang menghasilkan buku riset. Dan, kita juga sudah mengkopilasi beberapa untuk disebarkan secara Nasional,” tambah Nur Syam.
Mantan Rektor IAIN Surabaya ini menjelaskan, berawal dari pembelajaran yang tidak sekedar bersifat teoritis-konseptual, akan tetapi juga penelitian empiris, siswa madrasah menunjukan prestasi yang sangat luar biasa. “Ada yang meriset makanan sehat, pengawetan makanan, pupuk organik, dan lain sebagainya,” kata Nur Syam.
“Kami berkeyakinan, ke depan, madrasah bisa menjadi pusat riset” katanya lagi.
Bahkan, lanjut Prof. Nur Syam, riset akan menjadi salah satu ciri khas madrasah. Dengan demikian madrasah siap menghasilkan peneliti – peneliti pemula dari tingkat Madrasah Tsanawiyah sampai dengan Madrasah Aliyah, sehingga menghasilkan ilmuwan-ilmuwan yang terbaik dan berkualitas untuk mengembangkan kualitas pendidikan Islam secara berjenjang.
Previous
Next Post »

WARNING..!! Etika BERKOMENTAR di Blog all's well :

a. Gunakanlah Perkataan yang Baik, Ramah dan Sopan
b. Komentar SPAM akan all's well HAPUS setelah direview
c. Komentar NEGATIF & RASIS akan Segera di HAPUS
d. Dilarang Menambahkan "LINK AKTIF" dalam Komentar

Note: "ANDA SOPAN KAMI PUN SEGAN" (all's well) ConversionConversion EmoticonEmoticon

Our Gallery