Madrasah Didorong Kembangkan Adiwiyata

Print Friendly and PDF


(KENDARI): Tak mau ketinggalan dengan sekolah reguler, madrasah yang berada dibawah naungan Kementrian Agama (Kemenag) juga mulai menggenjot pelaksanaan program Adiwiyata. Menggandeng Badan Lingkungan Hidup Kota Kendari, kemarin Kemenag Kota Kendari mengadakan sosialisasi Adiwiyata di aula MAN Kendari. Kegiatan yang melibatkan seluruh kepala RA dan madrasah se Kota Kendari itu diharapkan dapat membangun kesadaran warga sekolah untuk menciptakan sekolah yang berwawasan lingkungan hidup.
Ketua Panitia, Aidin D, S.Pd, M.Pd mengatakan, sosialisasi adiwiyata itu baru pertama kali dilakukan di satuan pendidikan yang berada di bawah kendali Kemenag. "Kita termotivasi melaksanakan program ini karena sekolah-sekolah yang ada dibawah naungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sudah menerapkan program Adiwiyata di seluruh jenjang pendidikan. Oleh Karena itu, kami berupaya mengikuti gerak langkah yang dilakukan Kementrian Lingkungan Hidup yang dilaksanakan BLH Kota Kendari. Kami berharap semua sekolah yang berada dalam lingkup Kemenag mulai mengembangkan sekolah yang berwawasan lingkungan," ungkapnya.
  
Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Kota Kendari ini juga menuturkan, pada dasarnya program Adiwiyata ini sejalan dengan program Kemenag Kota Kendari yang bersih, religius santun hijau dan asri (bersahaja). "Kami berharap sekolah-sekolah ini dapat melaksanakan program ini di sekolahnya masing-masing secara internal sehingga program ini dapat diketahui oleh seluruh warga sekolah. Jadi pada dasarnya sekolah merupakan rumah kedua bagi peserta didik, guru dan semua warga sekolah. Kami khusus sekolah dalam lingkup Kemenag akan menciptakan zona hijau yang tidak hanya dibatasi oleh pagar sekolah. Jadi sekolah akan bertanggungjawab untuk menghijau lingkungan sekitar sekolah dalam radius tertentu," jelasnya.
  
Sementara itu, Kadis Kebersihan Kota Kendari, Ir. Hj. Tin Farida mengungkapkan pada dasarnya program Adiwiyata ini merupakan salah satu program pengembangan wawasan lingkungan hidup di sekolah. Melalui program itu kata dia, satuah pendidikan diharapkan menciptakan lingkungan pembelajaran yang nyaman dan kondusif. "Kami juga berharap sekolah-sekolah yang berada dalam lingkup Kemenag ini bisa mengelola lingkungan sekolah sehingga selalu rapi, bersih, hijau dan rindang," paparnya.
  
Mantan Kepala BLH Kota Kendari ini juga menambahkan, untuk memperkenalkan program Adiwiyata, BLH Kota Kendari juga melakukan pembinaan, bimbingan teknis (bimtek), monitoring dan evaluasi perkembangan sekolah yang menerapkan program Adiwiyata. "Jadi secara berkala kami melakukan evaluasi semua sekolah yang melaksanakan program ini. Hasil evaluasi itu menjadi acuan kami untuk mengusung sekolah-sekolah itu mengikuti lomba sekolah yang berwawasan lingkungan baik tingkat lokal maupun nasional," ungkap Tin Farida didampingi Koordinator Adiwiyata Kota Kendari, Arniyanti DK, SP, M. Si. (m3/fya/KP)
Previous
Next Post »

WARNING..!! Etika BERKOMENTAR di Blog all's well :

a. Gunakanlah Perkataan yang Baik, Ramah dan Sopan
b. Komentar SPAM akan all's well HAPUS setelah direview
c. Komentar NEGATIF & RASIS akan Segera di HAPUS
d. Dilarang Menambahkan "LINK AKTIF" dalam Komentar

Note: "ANDA SOPAN KAMI PUN SEGAN" (all's well) ConversionConversion EmoticonEmoticon

Our Gallery