Solusi Mengatasi Masalah (Gagal) Export / Unduh Profil Sekolah Ke Excell Dari Aplikasi Dapodikdas 2013

Print Friendly and PDF
Hai gayss!! all's well kembali sharing tutorial dapodikdas dari blog sahabat Oke, Selamat bersua kembali dengan share terbaru tentang tips dan triks secara teknis seputar pengerjaan entry data-data baru sekolah dalam aplikasi Dapodikdas 2013/2014. Setelah kemarin telah saya share mengenai info terupdate yang berhubungan dengan aplikasi Dapodikdas 2013, bahwa secara resmi telah dirilis patch v.2.0.4 aplikasi Dapodik 2013 sekaligus tentang batas akhir pengiriman aplikasi yang telah direvisi dengan batas akhirnya sampai dengan tanggal 31 Desember 2013.
Kali ini saya ingin share tips / cara yang diharapkan dapat menjadi solusi untuk mengatasi profil sekolah yang tidak dapat diexport dari aplikasi Dapodikdas 2013. Tips ini saya saya peruntukkan bagi Rekan-rekan OPS yang kebetulan pada beberapa hari sebelumnya telah menanyakan tentang hal ini, yakni bagaimana cara agar profil sekolah dapat diunduh dari beranda / halaman utama aplikasi Dapodikdas 2013, saat mencoba unduh profil sekolah dalam keadaan online (terkoneksi dengan internet) untuk download profil data sekolah dari aplikasi Dapodikdas ternyata gagal, begitu juga saat dalam kondisi offline (tidak terkoneksi dengan internet), data profil sekolah yang semestinya dapat kita ekspor dari aplikasi Dapodikdas 2013 ke dalam format excel, alhasil masih gagal juga.
Padahal dalam file export profil sekolah dari aplikasi Dapodikdas 2013 ini akan memudahkan kita dalam mengecek kebenaran dan keakuratan data yang berkaitan dengan profil sekolah, sebelum proses sinkronisasi kita lakukan, seperti pengecekan kembali pada pada format yang berhubungan dengan Laporan Sekolah : Provinsi, Kab/Kota, Identitas Sekolah : Nama Sekolah, NPSN / NSS, Jenjang Pendidikan, Status Sekolah, Lokasi Sekolah : Alamat, RT/RW, Nama Dusun, Desa/Kelurahan, Kode pos, Kecamatan, Lintang/Bujur, Data Pelengkap Sekolah : Kebutuhan Khusus, SK Pendirian Sekolah, Tgl SK Pendirian, Status Kepemilikan, SK Izin Operasional, Tgl SK Izin Operasional, SK Akreditasi, Tgl SK Akreditasi, Nomor Rekening BOS, Nama Bank, Cabang / KCP Unit, Rekening Atas Nama, MBS, Luas Tanah Milik, Luas Tanah Bukan Milik, Kontak Sekolah : Nomor Telepon, Nomor Fax, Email, Website, Data Periodik : Kategori Wilayah, Daya Listrik, Akses Internet, Akreditasi, Waktu Penyelenggaraan, Sumber Listrik, hingga mengenai Sertifikasi ISO (jika ada).
Oleh karena hal-hal penting di atas, bagi Rekan-rekan OPS yang kebetulan belum dapat expor ke excel  profil sekolah dari aplikasi Dapodikdas 2013, baik secara online, maupun offline, triks ini saya dapatkan dari salah satu Tim Dapodikdas, Sdr. Yulian Cahyo Hadi Saputro yang publikasikan pada hari ini melalui Grup FB Info Pendataan Ditjen Dikdas. Berikut cara dan langkah-langkah agar profil sekolah kita dapat kita unduh / eksport dari aplikasi Dapodik ini :
1.      Unduh file “template-profil.php”, dengan kapasitas file sekitar 85 kb.
2.      Copy file “template-profil.php” yang telah terdowload (tekan CTRL + C).
3.      Buka Local Disc (C) => Program Files => Dapodikdas => dataweb => apps => src => DataDikdas => Templates.
4.      Lalu paste (CTRL + V) “template-profil.php” tersebut ke dalam folder “Templates” ini.
5.      Selesai.

Demikian share kali ini, semoga dapat menjadi solusi bagi Rekan-rekan OPS yang kebetulan data profil sekolahnya belum dapat di export ke excel dari aplikasi Dapodikdas 2013. Terimakasih
Jika sobat mengalamai kendala dalam pendataan di atas, langsung kungjungi situs/link sahabat di bawah ini:
Previous
Next Post »

WARNING..!! Etika BERKOMENTAR di Blog all's well :

a. Gunakanlah Perkataan yang Baik, Ramah dan Sopan
b. Komentar SPAM akan all's well HAPUS setelah direview
c. Komentar NEGATIF & RASIS akan Segera di HAPUS
d. Dilarang Menambahkan "LINK AKTIF" dalam Komentar

Note: "ANDA SOPAN KAMI PUN SEGAN" (all's well) ConversionConversion EmoticonEmoticon

Our Gallery