Adapun yang menjadi tujuan umum kegiatan Pelatihan Implementasi
Kurikulum 2013 yang dilaksanakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan/Kemenag
yang telah dimulai sejak pertengahan Juni lalu secara bertahap, adalah
sebagai berikut.
Tujuan Umum Pelatihan Penerapan Kurikulum 2013:
Guru
Setelah mengikuti kegiatan pelatihan implementasi kurikulum 2013
diharapkan guru mampu melaksanakan tugas sesuai dengan tuntutan
kompetensi lulusan, isi, proses pembelajaran, dan penilaian Kurikulum
2013.
Kepala Sekolah
Setelah mengikuti kegiatan pelatihan implementasi kurikulum 2013
diharapkan kepala sekolah mampu mengerahkan sumber daya yang
dimiliki dalam rangka menjamin keterlaksanaan implementasi Kurikulum
2013.
Pengawas Sekolah
Setelah mengikuti kegiatan pelatihan implementasi kurikulum 2013
diharapkan pengawas sekolah mampu memberikan bantuan teknis
secara benar kepada sekolah dalam mengatasi hambatan selama
implementasi Kurikulum 2013.
Kompetensi Inti Peserta Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013
Adapun kkompetensi inti yang harus dicapai oleh setiap peserta pelatihan penerapan Kurikulum 2013
setelah mengikuti pelatihan adalah sebagai berikut:
- Memiliki sikap yang terbuka untuk menerima Kurikulum 2013.
- Memiliki keinginan yang kuat untuk mengimplementasikan Kurikulum 2013.
- Memiliki pemahaman yang mendalam tentang Kurikulum 2013 (filosofi, rasional, elemen perubahan, strategi implementasi, Kompetensi Inti (KI), dan Kompetensi Dasar (KD)).
- Memiliki keterampilan menganalisis keterkaitan antara Standar Kompetensi Kelulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), Buku Guru, dan Buku Siswa.
- Memiliki keterampilan menyusun Rencana Program Pembelajaran (RPP) dengan mengacu pada Kurikulum 2013.
- Memiliki keterampilan mengajar dengan menerapkan pendekatan Scientific secara benar.
- Memiliki keterampilan mengajar dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning, Project Based Learning, dan Discovery Learning.
- Memiliki keterampilan melaksanakan penilaian autentik dengan benar.
- Memiliki keterampilan berkomunikasi lisan dan tulis dengan runtut, benar, dan santun.
Hasil Kerja yang Diharapkan Dari Peserta Pelatihan Penerapan Kurikulum 2013
Setelah mengikuti pelatihan diharapkan guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah mampu
mewujudkan hasil kerja secara kolektif hal-hal berikut ini.
mewujudkan hasil kerja secara kolektif hal-hal berikut ini.
- Analisis SKL, KI, KD untuk jenjang dan mata pelajaran sesuai beban tugasnya, selama satu semester.
- Analisis buku siswa dan buku guru untuk jenjang dan mata pelajaran sesuai beban tugasnya, selama satu semester.
- Contoh RPP untuk jenjang dan mata pelajaran sesuai beban tugasnya, selama satu semester.
- Contoh instrumen penilaian untuk jenjang dan mata pelajaran sesuai beban tugasnya, selama satu semester.
Sasaran Pelatihan Penerapan Kurikulum 2013
Adapun sasaran akhir dari pelatihan ini adalah guru, kepala sekolah dan
pengawas. Mengingat jumlah sasaran akhir pelatihan sangat besar
dan sebaran sasaran akhir pelatihan sangat luas, pelatihan ini
menerapkan strategi pelatihan bertahap atau berjenjang. Tahapan atau
jenjang pelatihan, narasumber yang akan bertugas, serta sasaran
peserta dapat dijelaskan pada diagram berikut ini.
3 tahap pelatihan penerapan kurikulum 2013 |
Diagram tersebut menunjukan tiga tahap pelatihan yaitu: Pelatihan
Tingkat Nasional, Tingkat Provinsi, dan Tingkat Kabupaten/Kota.
Secara keseluruhan terdapat tujuh jenis pelatihan, yakni: Pelatihan
Instruktur Nasional, Pelatihan Guru Inti, Pelatihan Kepala
Sekolah Inti, Pelatihan Pengawas Inti, Pelatihan Guru Kelas/
Mapel, Pelatihan Kepala sekolah, dan Pelatihan Pengawas.
Adapun struktur materi pelatihan implementasi Kurikulum 2013, untuk Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah dapat dilihat pada tabel berikut:
Adapun struktur materi pelatihan implementasi Kurikulum 2013, untuk Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah dapat dilihat pada tabel berikut:
Struktur materi pelatihan implementasi Kurikulum 2013, untuk Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah |
Penilaian Hasil Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013
Penilaian meliputitiga ranah yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Penilaian autentik diterapkan di dalam pelatihan ini. Metode
penilaian yang diterapkan di dalam penilaian ini meliputi tes awal, tes
akhir, portofolio, dan pengamatan. Setiap calon instruktur nasional,
guru inti, kepala sekolah inti, dan pengawas inti dinyatakan lulus
apabila mencapai nilai 75 dan memiliki kewenangan untuk melatih.
WARNING..!! Etika BERKOMENTAR di Blog all's well :
a. Gunakanlah Perkataan yang Baik, Ramah dan Sopan
b. Komentar SPAM akan all's well HAPUS setelah direview
c. Komentar NEGATIF & RASIS akan Segera di HAPUS
d. Dilarang Menambahkan "LINK AKTIF" dalam Komentar
Note: "ANDA SOPAN KAMI PUN SEGAN" (all's well) ConversionConversion EmoticonEmoticon