Cara Sinkronisasi Dapodikdas Offline dan Solusi Alternatif Gagal Sinkronisasi Aplikasi Dapodikdas

Print Friendly and PDF
Hai gayss!! kembali all's well mencoba share dari blog sahabat info terkait proses sinkronisasi pada patch v.2.0.4 sekaligus untuk sharing tentang Cara Sinkronisasi Offline Dapodikdas 2013 maupun Cara Sinkronisasi Manual Dapodikdas 2013 yang telah terposting di blog ini juga pada bulan lalu. Semoga dapat membantu rekan2 OPS yang sedang dalam kesulitan.

Kita semua tahu, versi demi versi telah berhasil mengupdate aplikasi Dapodikdas 2013 hingga pada versi 2.0.4 saat ini, namun jika masih ditemukan hal-hal yang sebenarnya sangat tidak kita semua harapkan, namun alangkah baiknya, jika kita tetap menerima dengan baik hasil upaya dan kerja keras dari seluruh Tim Pengembang Aplikasi Dapodikdas 2013 dalam upaya memperbaiki performa aplikasi Dapodikdas 2013 hingga pada v.2.0.4.  
Sehubungan dengan proses sinkronisasi, untuk sementara ini memang masih agak sulit dan bahkan perlu dilakukan berulang-ulang dikarenakan server Dapodik Ditjen Dikdas Kemdikbud yang sering overload dikarenakan banyaknya akses baik cek sinkronisasi maupun banyaknya proses sinkronisasi yang terus meningkat kapasitasnya.
Terkait dengan hal ini, Tim Dapodikdas menyarankan melalui kiriman tersemat dalam grup FB Info Pendataan Dikdas pada hari ini, disampaikan oleh Sdr. Ragil Indaryanto, sebagai berikut :
Bagi Rekan-rekan yangg sudah selesai editing data serta berhasil syncron, kalau blm lakukan penambahan data yang signifikan mohon untuk nggak terlalu sering lakukan syncron ulang, untuk memberi kesempatan temen-temen lain yg belum berhasil agar server nggak terlalu overload, terimakasih…
Selanjutnya informasi senada juga telah disampaikan melalui grup yang sama, yang disampaikan oleh Sdr. Dadan Hamdani, sebagai berikut :
Sekedar informasi untuk yang mengalami SYNKRONISASI GAGAL
Pemberitahuan dari kang Yusuf Rokmat pukul 13:17 hari ini, 1/12/2013 langsung dari SOLO
Sistem belum sempurna, tunggu saja mudah-mudahan minggu ini beres. Tidak usah terburu-buru ingin sync, toh akhir pengiriman/ sync diperpanjang hingga 31 Desember 2013.
Jadi untuk sekarang silahkan cek data dan perbaiki kekurangannya, kalaupun sudah beres tinggal istirahat saja. Terimakasih…
Khusus mengenai cara sinkronisasi Dapodikdas offline (tanpa terhubung dengan jaringan internet) kali ini terdiri dari 3 tahapan yang  saya kutip dari sumber yang tentunya terpercaya juga, yakni dari Sdr. Darda A. Manaf yang telah terpublikasi melalui Grup FB Info Pendataan Ditjen Dikdas ini juga, sebagai berikut :
Ada beberapa keluhan dari operator dapodik yang telah selesai, namun tidak tahu bagaimana cara sinkronisasi dengan offline (tanpa terhubung dengan jaringan internet). Berikut beberapa tahapan yang harus dilakukan :
Tahap Pertama:
1.      Buka alamat: http://localhost:6969/index_standalone.php
2.    Login dengan user/email, Koreg, dan password yg sesuai dengan aplikasi anda
3.      Jika berhasil login dan ada menu sinkronisasi, klik menu tersebut
4.      Tunggu beberapa detik sampai ada keterangan sinkronisasi berhasil
5.      Jika berhasil ada keterangan ada file yang harus diunduh
6.   Unduh file tsb.. kemudian buka explorer folder download, cari file "Data_Send_to_Sync.syc"
7.      Copy file tsb ke FD (jika mau lewat FD) selesai tuk tahap pertama
Tahap kedua:
1.      Cari komputer yang terhubung dengan akses internet
2.      Buka alamat: http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id/laman/upload
3.      Masukkan datanya dan browse file Data_Send_to_Sync.syc
4.      Klik upload
5.      Jika upload berhasil ada keterangan file yang harus diunduh
6.     Unduh file tersebut nama filenya: KOREGMASING2_Receive_to_Sync.syc
7.      Copy file tersebut, lalu masukkan ke FD (jika memakai FD).
Tahap ketiga:
1.    Buka alamat http://localhost:6969/index_standalone.php di komputer yang terinstal Dapodikdas tadi.
2.      Login seperti tahap pertama.
3.      Tampilan di alamat tersebut akan beda yang tadi ada menu sinkronisasi sekarang menjadi "Push Up".
4.      Klik “Browse” : cari file "KOREDMASING2_Receive_to_Sync.syc".
5.      Klik “Push up”.
6.      Tunggu beberapa detik.
7.  Buka aplikasi Dapodikdas anda, lihat di beranda kolom update log sinkronisasi akan ada keterangan tanggal dan waktu mulai sinkron dan selesai sinkron.
Maka file hasil sinkronisasi tahap pertama juga tersimpan di drive C:/Program Files/Dapodikdas/dataweb/synch/listfile - buka folder terupdate - Data_Send_to_Sync.syc

Demikian dahulu share tentang info terbaru sinkronisasi data aplikasi Dapodikdas 2013. Semoga bermanfaat bagi Rekan-rekan OPS semuanya
 
Jika dalam pendataan di atas sobat mengalami kendala, admin sarankan sobat dapat langsung mengunjungi alamt link/situs di bawah ini untuk konfirmasi lanjut oke:
 
Previous
Next Post »

WARNING..!! Etika BERKOMENTAR di Blog all's well :

a. Gunakanlah Perkataan yang Baik, Ramah dan Sopan
b. Komentar SPAM akan all's well HAPUS setelah direview
c. Komentar NEGATIF & RASIS akan Segera di HAPUS
d. Dilarang Menambahkan "LINK AKTIF" dalam Komentar

Note: "ANDA SOPAN KAMI PUN SEGAN" (all's well) ConversionConversion EmoticonEmoticon

Our Gallery