Akhirnya Nongol Juga: Siap-Siap, 24 Desember Hasil TKD CPNS Diumumkan

Print Friendly and PDF

Ilustrasi peserta yang ikut ujian CPNS. (Foto: Heru Haryono/okezone)  

JAKARTA - Hasil Tes Kompetensi Dasar (TKD) pelamar umum seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2013 akan diumumkan pada 24 Desember 2013 oleh pemerintah daerah (pemda).

Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmaja menambahkan, pengumuman bagi tenaga honorer kategori 2 akan diumumkan pada Januari 2014.

"Peserta TKD CPNS yang menggunakan sistem lembar jawab komputer (LJK) sejumlah 774.508 orang dari pelamar umum, dan 1.000.200 dari tenaga honorer kategori 2," ujar dia, seperti dikutip dari laman Setkab, Jumat (20/12/2013).

Setiawan mengungkapkan, panitia seleksi nasional (panselnas) menemukan sejumlah LJK yang tidak valid. Ada biodata satu peserta TKD LJK yang sama di lebih dari satu provinsi. Sehingga mengindikasikan adanya joki.

Hal seperti itu menjadi temuan yang cukup banyak. Selain itu ditemukan juga nama yang sama dalam satu instansi, biodata yang tidak ada sama sekali, serta peserta yang salah jenjang soalnya. Dalam penyerahan hasil TKD seleksi CPNS 2013 dari pelamar umum tersebut, menurut Setiawan, sudah dicantumkan keterangan kenapa tidak valid dan sebagainya.

"Saya harap baik pusat maupun daerah dapat satu visi untuk mendapatkan calon pegawai negeri yang terbaik," ungkapnya.

Selain TKD dengan sistem LJK, ada juga kementerian/lembaga/pemda yang menggunakan sistem computer assisted test (CAT). Jumlahnya sebanyak 261.859 orang, terdiri dari 150 ribu peserta dari pusat, 78 ribu peserta dari provinsi, dan 25 ribu peserta dari kabupaten/kota.

"2014 kebijakannya untuk seleksi CPNS akan menggunakan sistem CAT," tutup Setiawan. (ade)
Previous
Next Post »

WARNING..!! Etika BERKOMENTAR di Blog all's well :

a. Gunakanlah Perkataan yang Baik, Ramah dan Sopan
b. Komentar SPAM akan all's well HAPUS setelah direview
c. Komentar NEGATIF & RASIS akan Segera di HAPUS
d. Dilarang Menambahkan "LINK AKTIF" dalam Komentar

Note: "ANDA SOPAN KAMI PUN SEGAN" (all's well) ConversionConversion EmoticonEmoticon

Our Gallery