Penerimaan CPNS Tahun 2013

Print Friendly and PDF

Penerimaan CPNS Tahun 2013
Moratorium atau penghentian sementara rekrutmen calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang dimulai september 2011 atau selama 16 bulan telah berakhir. Terhitung 31 Desember 2012, Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri tentang Penundaan sementara (moratorium) penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) resmi selesai.
Wakil Presiden menjelaskan, setelah moratorium CPNS, pemerintah akan melanjutkan kebijakan antara lain zero growth policy, dimana perekrutan pegawai disesuaikan dengan kebutuhan, dan perekrutan dilakukan dalam sistem rekrutmen terbuka.
Sebagai salah satu upaya untuk meminimalisasi praktik-praktik kecurangan dalam rekrutmen CPNS, pemerintah berencana merubah skema penerimaan CPNS. Jika sebelumnya penerima CPNS hanya dibuka satu tahun sekali, kini lowongan itu akan dibuka setiap hari tergantung kebutuhan dengan menggunakan sistem  Computer Assisted Test (CAT) yaitu suatu  metode seleksi  dengan alat  bantu computer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar CPNS.
Pemerintah sudah berancang-ancang membuka rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2013. Rencananya  tes dijalankan akhir Juni  nanti. Honorer kategori dua (K2) mendapat prioritas pengangkatan. Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) yang mengamanahkan honorer K2 diangkat secara bertahap mulai tahun ini hingga 2014. Untuk tahapan jadwal CPNS Honorer K2 silahkan unduh tautan di bawah ini.

>>>> Jadwal Seleksi Honorer K2 Tahun 2013 <<<<
Adapun Posisi pelamar umum hanya untuk kursi yang tidak memiliki kandidat di kelompok honorer K2.Jumlah honorer K2 hampir 600 ribu jiwa, Saat ini honorer K2 menumpuk di kursi guru, perawat, dan tenaga teknis lainnya.
Untuk kuota Penerimaan CPNS Tahun ini ditentukan kebutuhan masing-masing instansi pusat atau daerah, Hal ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumya yaitu kuota nasional ditetapkan dulu. Baru disebar merata di setiap instansi.
Saat ini instansi pusat atau daerah sudah bisa memasukkan permintaan kuota atau formasi CPNS baru. Di Kemen PAN-RB, permintaan itu akan dicek dengan sejumlah instrumen lainnya. Di antaranya, analisis kebutuhan PNS untuk lima tahun mendatang.
Demikian Info mengenai Penerimaan CPNS Tahun 2013 semoga ada manfaatnya.
Previous
Next Post »

WARNING..!! Etika BERKOMENTAR di Blog all's well :

a. Gunakanlah Perkataan yang Baik, Ramah dan Sopan
b. Komentar SPAM akan all's well HAPUS setelah direview
c. Komentar NEGATIF & RASIS akan Segera di HAPUS
d. Dilarang Menambahkan "LINK AKTIF" dalam Komentar

Note: "ANDA SOPAN KAMI PUN SEGAN" (all's well) ConversionConversion EmoticonEmoticon

Our Gallery