Kompetisi Pendidik, Kepala dan Pengawas RA/Madrasah

Print Friendly and PDF
Pentingnya peran Guru, Kepala dan Pengawas Madrasah berprestasi dalam meningkatkan profesi, maka sudah sepantasnyalah kepada Guru, Kepala dan Pengawas Madrasah diberikan penghargaan yang layak. Sistem penghargaan dalam bentuk ”Kompetisi Guru, Kepala, dan Pengawas Madrasah Berprestasi” perlu dilakukan secara ketat, transparan dan terukur, sehingga dapat memberi rasa kebanggaan yang dapat memotivasi para Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Madrasah untuk meningkatkan tugas-tugas profesinya, yang pada akhirnya mampu menjawab tantangan era global yang berbasis keunggulan.

Dalam penyelenggaraan pendidikan di Raudlatul Athfal (RA) dan Madrasah, peran guru, kepala dan pengawas  sangat penting  dan  strategis.  Tugas  dan  tanggung jawab mereka sebagai  pendidik,  pemimpin, motivator dan supervisor serta mitra kerja sangat menentukan, dan oleh karena itu diperlukan adanya pembinaan yang efektif dan berkelanjutan. Selain itu, bagi mereka yang memiliki komitmen  tinggi, kinerja yang bagus dan prestasi yang tinggi, selayaknyalah memperoleh pengakuan dan apresiasi dari semua pihak terkait, khususnya Kementerian Agama selaku instansi Pembina dan pengguna.  Hal ini penting agar semangat kerja, kreativitas, dedikasi dan komitmen serta kinerja mereka dapat terus terpelihara dan meningkat dari waktu ke waktu.

Kompetisi guru, kepala dan pengawas RA/Madrasah tingkat nasional ini merupakan salah satu bentuk penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Agama kepada mereka yang memiliki kompetensi, kinerja dan prestasi tinggi, khususnya dalam bidang pengembangan potensi peserta didik/masyarakat, pengembangan satuan pendidikan dan pengembangan profesionalisme yang relevan dengan tugas mereka sebagai guru, kepala atau pengawas satuan pendidikan pada RA/Madrasah. Sebagai Pedoman Kompetisi Pendidik, Kepala dan Pengawas RA/Madrasah tahun 2013 silahkan klik disini.

Tujuan diadakan Kompetisi Pendidik, Kepala dan Pengawas RA/Madrasah tahun 2013 yaitu :
Mendorong dan meningkatkan motivasi dan profesionalisme guru, kepala dan pengawas RA/Madrasah dalam melaksanakan tugas; Memberikan apresiasi dan penghargaan kepada guru, kepala dan pengawas RA/Madrasah yang memiliki kompetensi, dedikasi dan prestasi dalam menjalankan tugas; dan Meningkatkan mutu pembelajaran dan pendidikan pada RA/Madrasah.
Kategori Kompetisi Pendidik, Kepala dan Pengawas RA/Madrasah tahun 2013 diikuti oleh
Guru (1) RA/BA/TA, (2) MI, (3) MTs, dan (4) MA ; Kepala (1) RA/BA/TA, (2) MI, (3) MTs, dan (4) MA dan Pengawas Madrasah

Kriteria Peserta Kompetisi Pendidik, Kepala dan Pengawas RA/Madrasah tahun 2013 yaitu :

1. Guru Tetap RA/BA/TA/Madrasah memenuhi persyaratan sebagai berikut : Aktif menjalankan tugas sebagai guru kelas atau guru mata pelajaran; Berstatus PNS atau Non PNS; Pendidikan terakhir sekurang-kurangnya Sarjana (S1); Telah melaksanakan tugas sebagai guru pada RA/BA/TA/Madrasah sekurang-kurangnya 7 (tujuh) tahun; Belum pernah mendapatkan penghargaan/apresiasi peringkat/juara I di tingkat nasional/ internasional, selama 3 (tiga) tahun berturut-turut. dan Tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin dalam melaksanakan tugas sebagai guru.

2. Kepala RA/BA/TA/Madrasah memenuhi persyaratan sebagai berikut : Aktif menjalankan tugas sebagai kepala RA/BA/TA/Madrasah; Berstatus PNS atau Guru tetap bagi yang bukan-PNS; Pendidikan terakhir sekurang-kurangnya Sarjana (S1); Telah melaksanakan tugas sebagai kepala pada RA/BA/TA/Madrasah sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun;Belum pernah mendapatkan penghargaan/apresiasi peringkat/juara I di tingkat nasional/ internasional, selama 3 (tiga) tahun berturut-turut; dan Tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin dalam melaksanakan tugas sebagai guru/kepala satuan pendidikan. 

3. Pengawas RA/BA/TA/Madrasah memenuhi persyaratan sebagai berikut : Aktif menjalankan tugas sebagai pengawas madrasah; Berstatus sebagai PNS; Pendidikan terakhir sekurang-kurangnya S1; Telah  melaksanakan  tugas  sebagai  kepala  pada RA/BA/TA/Madrasah sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun; Belum pernah mendapatkan penghargaan/apresiasi peringkat/juara I sejenis di tingkat nasional/internasional; Tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin dalam melaksanakan tugas sebagai pengawas satuan pendidikan; Calon yang diusulkan telah dikelompokkan oleh Kepala Kanwil setempat sebagai pengawas madrasah, dan bukan pengawas PAI.

Untuk Formulir Pendaftaran peserta silahkan klik disini
Kompetisi Pendidik, Kepala dan Pengawas/RA berprestasi ini dilakukan  melalui  proses yang dimulai  bulan Agustus  2013 dan berakhir pada bulan Januari 2014. Batas akhir penerimaan daftar nama peserta Kompetisi beserta dokumennya paling lambat tanggal 9 September 2013 pukul 17.00 WIB. Penilaian tahap pertama dilaksanakan pada tanggal 16–19 September 2013. Verifikasi dan klarifikasi melalui visitasi dilaksanakan pada tanggal 29–31 Oktober 2013. Sedang tahap grand final dilaksanakan pada minggu kedua bulan Desember tahun 2013. Penyerahan penghargaan dilakukan di Jakarta pada acara puncak kegiatan  Apresiasi Pendidikan Islam  (API)  Direktorat  Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama. 
Sumber: madrasah.kemenag

Previous
Next Post »

WARNING..!! Etika BERKOMENTAR di Blog all's well :

a. Gunakanlah Perkataan yang Baik, Ramah dan Sopan
b. Komentar SPAM akan all's well HAPUS setelah direview
c. Komentar NEGATIF & RASIS akan Segera di HAPUS
d. Dilarang Menambahkan "LINK AKTIF" dalam Komentar

Note: "ANDA SOPAN KAMI PUN SEGAN" (all's well) ConversionConversion EmoticonEmoticon

Our Gallery