8 Cara Sukses Belajar – Pelajar Harus Tahu!

Print Friendly and PDF

cara sukses belajar 
Menjadi cerdas dan jenius tidak hanya karena faktor keturunan dan sudah ada sejak lahir. Sebenarnya cerdas dan jenius juga bisa diciptakan. Jadi, apabila anda atau anak anda memiliki kesulitan belajar atau kesulitan dalam memahami sesuatu, jangan khawatir karena anda bisa menjadi jenius.

Ini bukanlah rahasia menjadi jenius. Ini hanya sebuah tips sederhana bagaimana rahasia sukses dalam belajar, namun akan memberikan manfaat yang luar biasa jika anda mengikuti tips ini. Ok, langsung saja inilah cara sukses belajar dan jenius dalam belajar :

1.Belajar sambil memahami

Belajarlah sambil memahami pelajaran yang ada. Jangan menghapalkan pelajaran, tetapi memahami pelajaran. Dengan lebih memahami pelajaran, Anda akan jauh lebih mudah dalam belajar di banding dengan menghapal. Fahami setiap pelajaran. Selama ini kita dipaksa untuk menghapal persis seperti di buku, padahal itu jelas mengurangi kreatifitas kita.
2.Memperbanyak membaca
Semua orang juga tahu kalau membaca akan membuat anda pintar. Kita jadi pintar karena memperbanyak membaca. Perbanyaklah membaca. Mulailah membaca buku-buku yang berkaitan dengan pelajaran anda atau hobi anda.
3.Mencatat Pokok-pokok pelajaran
Carilah pokok-pokok dari pelajaran dan catat. Mencari pokok pelajaran lebih penting daripada harus mempelajari semuanya. Jangan buat anda membuang banyak waktu untuk mempelajari semua pelajaran.
4.Menghapal kata-kata kunci
Anda sudah mencatat pokok-pokok pelajaran. Kemudiaan carilah kata-kata kunci dari pokok-pokok pelajaran tersebut dan kemudian hapalkan kata-kata kuncinya. Tentu anda tidak perlu mempelajari semua pelajaran
5.Memilih waktu belajar yang tepat
Dalam belajar biasanya orang nyaman belajar pada waktu tertentu. Jadi, carilah waktu belajar yang cocok yang sesuai dengan anda. Setiap orang akan berbeda dalam memilih waktu belajarnya.
6.Membangun suasana belajar yang nyaman
Selain memilih waktu yang tepat. Anda juga bisa memilih suasana tertentu untuk belajar. Suasana belajar yang nyaman sangat mempengaruhi kelancaran belajar anda.
7.Mengembangkan materi yang sudah dipelajari
Kembangkanlah materi yang sudah dipelajari. Ini bisa membuat anda menjadi kreatif.
8.Membentuk kelompok belajar
Bentuklah kelompok belajar. Dengan membentuk kelompok belajar, anda bisa berdiskusi dan ini bisa membuat anda lebih cerdas dalam belajar.

Demikian 8 cara sukses belajar. Semoga artikel cara sukses belajar ini bermanfaat untuk anda!
Previous
Next Post »

WARNING..!! Etika BERKOMENTAR di Blog all's well :

a. Gunakanlah Perkataan yang Baik, Ramah dan Sopan
b. Komentar SPAM akan all's well HAPUS setelah direview
c. Komentar NEGATIF & RASIS akan Segera di HAPUS
d. Dilarang Menambahkan "LINK AKTIF" dalam Komentar

Note: "ANDA SOPAN KAMI PUN SEGAN" (all's well) ConversionConversion EmoticonEmoticon

Our Gallery