Penuntun Bagi Orang-Tua dalam Berinternet

Print Friendly and PDF


Tuntunan dari orang-tua kepada anak saat mengakses internet adalah penggunaan internet secara bertanggung jawabDengan mengawasi penggunaan internet oleh anak anda, orang-tua dapat meminimalkan bahaya yang ditimbulkan akibat penggunaan akses ke internet. Buat beberapa aturan seperti:
Bila anak anda masih sangat muda, misalkan dibawah 7 tahun, luangkan waktu anda untuk bersama dengan mereka ketika mereka mengakses internet. Anak-anak pada usia ini mudah menjadi bingung ketika mereka menemukan atau mengakses website yang mereka tidak pahami atau mungkin tidak sesuai dengan umur mereka.
Ingatkan anak anda untuk tidak pernah memberikan informasi tentang identitas mereka tanpa sepengetahuan anda.– Anak-anak seharusnya jangan pernah memberikan informasi berupa alamat rumah, atau nomor telepon, ataupun informasi seperti kapan mereka berada sendirian di rumah, dan pastikan bahwa anda benar-benar mengenal ataupun mempercayai orang tersebut sebelum memberikan informasi seperti alamat rumah dan nomor telepon. Ingat selalu bahwa, hampir semua website tidak mensyaratkan anda untuk memberikan alamat rumah ataupun nomor telepon kecuali pada beberapa website tertentu.
Pastikan layanan website yang anak anda gunakan. Bila anda tidak tahu bagaimana mengakses website ataupun situs tersebut, mintalah pada anak anda untuk menunjukkan caranya. Cari lebih dalam akan type informasi yang disediakan oleh website tersebut dan apakah anda perlu untuk menutup akses ke website tersebut atau tidak.
Jangan pernah membolehkan anak anda bertemu secara langsung dengan pengguna internet lain tanpa ijin dari anda. Jika anda mengijinkan pertemuan tersebut, dampingilah anak anda pada saat pertemuan.
Ingatkan selalu anak anda untuk jangan pernah memberi respon pada pesan atau email yang bersifat membujuk/mengancam/kasar/tidak senonoh ataupun yang membuat mereka tidak merasa enak. Dorong anak anda untuk selalu memberi tahu anda apabila mereka menemukan pesan ataupun email seperti diatas. Jika anda ataupun anak anda mendapatkan pesan ataupun email yang bersifat mengancam tersebut, forward (kirim beserta header email) salinan dari pesan email tersebut ke internet provider anda dan mintalah bantuan ataupun petunjuk dari mereka.
Ingat bahwa semua yang anda lihat atau baca di internet belum tentu benar. Tawaran yang terasa 'sangat bagus' di Internet kemungkinan besar tidak benar. Berhati-hatilah apabila anda mendapatkan tawaran yang melibatkan pertemuan anda dengan pengirim pesan email tersebut.
Tentukan persyaratan-persyaratan yang baik untuk penggunaan komputer bagi anak anda (lihat Mengakses Internet dengan Aman). Diskusikan persyaratan tersebut dan tempelkan dekat komputer sebagai pengingat. Ingatlah untuk selalu memantau anak anda dalam menjalankan persyaratan tersebut, khususnya pada jumlah waktu yang mereka gunakan di depan komputer. Anak-anak yang menggunakan Internet terlalu sering sampai larut malam bisa menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres. Walaupun komputer dan internet akan sangat membantu anak anda dalam belajar, ini bukan berarti bahwa komputer dan internet bisa sepenuhnya menggantikan waktu belajar 'tradisional' anak tersebut. Ingat juga bahwa komputer dan akses internet seharusnya tidak digunakan sebagai 'babysitters' elektronik.
Pertimbangkanlah untuk memasang software berupa 'parental control' pada komputer anda. Software seperti ini bisa membatasi apa yang anak anda akan lihat atau katakan pada saat mengakses internet. Beberapa type dari software tersebut bisa membatasi akses pada website tertentu berdasarkan kata yang anda 'sensor', sedangkan ada beberapa type software lain yang bisa menjaga agar jangan sampai anak mengungkapkan atau memberikan informasi pribadi ke internet, beberapa type lain bisa memantau website ataupun situs yang dikunjungi oleh anak anda. 'Parental control' tersebut biasanya telah ada bila anda menggunakan Windows Vista ataupun Macintosh OS X. Software tersebut bisa menjadi sangat berguna khususnya untuk anak-anak yang masih kecil. Tetapi sebelum anda menggunakan software tersebut, anda harus tahu akan keterbatasan software-software tersebut. Software tersebut hanya bisa melindungi komputer dimana software tersebut di-install, sedangkan komputer publik seperti di warnet (warung internet) dan handphone (umumnya handphone yang sekarang dapat dipakai untuk mengakses internet) tidak terlindungi, dan umumnya anak-anak yang lebih tua mengetahui cara untuk mengelabui software tersebut.
Pastikan bahwa menggunakan internet merupakan aktifitas keluarga. Pertimbangkan untuk menempatkan komputer di ruang keluarga daripada menempatkannya di kamar anak anda. Kenalilah 'teman online' mereka seperti anda mengenali teman-teman mereka yang lain.

Software 'Parental Control'

Dari beberapa software 'Parental Control' yang telah kami coba, kami merekomendasikan software 'K9 Web Protection' dengan pertimbangan bahwa software tersebut bisa anda dapatkan secara gratis dan cara penggunaannya juga tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu meregistrasi software tersebut pada website mereka untuk mendapatkan nomor registrasi secara gratis.
Apabila anda mengetahui beberapa software 'Parental Control' yang baik dan gratis, anda dapat menginformasikannya kepada kami melalui Form Kontak. Kami akan mencoba dan mencantumkannya disini apabila software tersebut kami anggap baik untuk digunakan.
Demikian Smoga bermanfaat
Previous
Next Post »

WARNING..!! Etika BERKOMENTAR di Blog all's well :

a. Gunakanlah Perkataan yang Baik, Ramah dan Sopan
b. Komentar SPAM akan all's well HAPUS setelah direview
c. Komentar NEGATIF & RASIS akan Segera di HAPUS
d. Dilarang Menambahkan "LINK AKTIF" dalam Komentar

Note: "ANDA SOPAN KAMI PUN SEGAN" (all's well) ConversionConversion EmoticonEmoticon

Our Gallery