Penggunaan Pendekatan Inquiri Melalui Metode Demonstrasi dan Eksperimen dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran IPA di MI Miftahul Ulum Sidorejo Malang

Print Friendly and PDF
Penggunaan Pendekatan Inquiri Melalui Metode Demonstrasi dan Eksperimen dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran IPA di MI Miftahul Ulum Sidorejo Malang
Penulis : ENY RIDA RUWANTI
Tahun : 2009
Fakultas : Tarbiyah
Jurusan : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pembimbing : 1) Marno, M. Ag..  
Kata Kunci : Pendekatan inkuiri, metode demonstrasi, metode eksperimen, motivasi belajar, prestasi belajar, IPA.
Ilmu Pengetahuan Alam merupakan suatu ilmu teoritis, tetapi teori tersebut
didasarkan atas pengamatan. IPA mempunyai ciri khas yaitu objektif, metodik,
sistematik dan berlaku umum. Dengan sifat-sifat tersebut, maka orang yang selalu
berhubungan dengan ilmu pengetahuan akan terbimbing sedemikian hingga padanya
terkembangkan suatu sikap yang disebut sikap ilmiah yang salah satu dari sikap
ilmiah tersebut adalah tidak percaya begitu saja pada suatu kesimpulan tanpa adanya
bukti-bukti nyata. Namun dalam realitanya di sekolah, siswa selalu diberi
pembelajaran dengan strategi konvensional yang dengan strategi tersebut siswa tidak
berkembang dalam kegiatan pembelajaran sehingga dapat mengakibatkan prestasi
belajar siswa berpengaruh. Menyikapi permasalahan di atas, perlu dikembangkan
pendekatan ataupun metode yang tepat dan efektif. Pendekatan inkuiri, metode
demonstrasi dan metode eksperimen sebagai salah satu pendekatan dan metode
alternatif yang menjadikan pembelajaran lebih efektif dan menyenangkan yang
diharapkan mampu meningkatkan motivas dan prestasi belajar siswa pada mata
pelajaran IPA.
Beranjak dari permasalahan di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian
ini adalah (1) Bagaimana pola atau bentuk penggunaan pendekatan inkuiri melalui
metode demonstrasi dan eksperimen untuk meningkatkan motivasi dan prestasi
belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di MI Miftahul Ulum Sidorejo
Malang? dan (2) Apakah penggunaan pendekatan inkuiri melalui metode
demonstrasi dan eksperimen dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa
kelas V pada mata pelajaran IPA di MI Miftahul Ulum Sidorejo Malang?.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (class-room
action research) dengan jenis penelitian mandiri. Tehnik pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang
bersifat kualitatif dianalisa dengan analisa deskriptf kualitatif sedangkan data yang
bersifat kuantitatf dianalisa dengan analisa deskriptif kuantitatif.
Dari hasil observasi dan data empiris di lapangan menunjukkan bahwa 1)
Bentuk penggunaan pendekatan inkuiri melalui metode demonstrasi dan eksperimen
yang efektif dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada pelajaran
IPA adalah dengan guru memberikan pertanyaan kepada siswa kemudian siswa
mencari jawaban atas pertanyaan tersebut dengan cara melakukan demonstrasi dan
eksperimen. Eksperimen ini dilakukan tentunya dengan menggunakan alat atau
bahan-bahan yang sesuai dengan materi pembelajaran. Kemudian setelah siswa
melakukan eksperimen dan sudah menemukan jawaban atas pertanyaan tersebut,
siswa diminta untuk mendemonstrasikan hasil eksperimen yang telah dilakukannya
di depan kelas. 2) Penggunaan pendekatan inkuiri melalui metode demonstrasi dan
eksperimen terbukti dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas V
pada mata pelajaran IPA di MI Miftahul Ulum Sidorejo Malang. Hal ini dapat dilihat
pada lembar observasi motivasi dan prestasi yang menunjukkan bahwa peningkatan
motivasi siswa dari pre test sampai siklus terakhir (siklus III) menunjukkan
peningkatan sebesar 100% dari prosentase maksimal 150%, sedangkan pada prestasi
dari pre test sampai siklus III menunjukkan peningkatan dari rata-rata 55 menjadi
78,5 yang berarti meningkat sebesar 42,72%.
Adapun saran penelitian sebagai berikut: (1)Hendaknya para guru lebih
mengetahui dan memahami tentang strategi, pendekatan dan metode apa yang harus
diterapkan untuk mencapai kompetensi dasar yang ditargetkan. Dengan demikian
pemahaman tentang berbagai strategi pembelajaran hendaknya lebih ditingkatkan.
Meskipun sesungguhnya strategi pembelajaran dapat diciptakan oleh diri kita sendiri,
dan (2)Profesionalitas dari seorang guru dalam mengajar dan mendidik menjadi
faktor pendukung keberhasilan siswa. Maka hendaklah guru menguasai pelajaran
tersebut dengan segala teknik mengajar sehingga ketika mengalami kendala mampu
mencari jalan keluar sebagai alternatif.
Previous
Next Post »

WARNING..!! Etika BERKOMENTAR di Blog all's well :

a. Gunakanlah Perkataan yang Baik, Ramah dan Sopan
b. Komentar SPAM akan all's well HAPUS setelah direview
c. Komentar NEGATIF & RASIS akan Segera di HAPUS
d. Dilarang Menambahkan "LINK AKTIF" dalam Komentar

Note: "ANDA SOPAN KAMI PUN SEGAN" (all's well) ConversionConversion EmoticonEmoticon

Our Gallery