Di era pendidikan yang sudah maju seperti sekarang, kualitas output
sebuah sekolah akan menentukan dalam persaingan di masa mendatang. Hal ini didasari dengan kondisi penyelenggaraan pendidikan yang sudah hampir merata kualitasnya dan menunjukkan perkembangan yang bisa dikatakan sangat tipis perbedaannya diantara masing-masing lembaga penyelenggara pendidikan. Kondisi yang demikian mengharuskan sekolah harus mampu mencetak output yang benar-benar mampu bersaing dengan output dari sekolah lain. Begitupun juga hal ini berlaku bagi MI Darut Taqwa. Namun pada kenyataannya dalam kondisi tertentu seringkali siswa MI Darut Taqwa memiliki motivasi belajar yang rendah. Hal ini ditunjukkan dalam proses belajar mengajar, siswa seringkali kurang memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru dengan lebih memilih bermain atau berbicara sendiri sesama siswa, atau bahkan siswa juga bermalasmalasan dengan tidur-tiduran ketika guru menyampaikan pelajaran. Dengan mengacu pada hal tersebut, maka dengan menerapkan strategi pembelajaran ini, diharapkan mutu atau kualitas pembelajaran meningkat sebab pada strategi ini keaktifan peserta didik lebih diutamakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan meningkatkan motivasi pembelajaran Aqidah Akhlak dengan metode index card match dan team quiz pada siswa kelas V MI Darut Taqwa Sengonagung-Purwosari-Pasuruan Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Urutan kegiatan penelitian ini mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi ,wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti, diketahui bahwa, selama penelitian ini terjadi peningkatan motivasi siswa dalam belajar ketika ditunjukkan pada keaktifan siswa, bersemangat terhadap tugas yang diberikan, terangsang untuk mewujudkan keinginannya, mengikuti pembelajaran dengan senang, selalu merasa penasaran terhadap sesuatu, bertanaya untuk mencari tahu. Peningkatan motivasi belajar ini juga berimbas pada peningkatan prestasi belajar siswa, dimana sebelum penelitian ini dilakukan nilai rata-rata siswa dalam materi pelajaran Akidah Akhlak adalah 56,4 dan kemudian setelah penelitian ini dilakukan nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 82,6. |
||||||||||||||||||||||
Karya Ilmiah
Implementasi Index Card Match Dan Team Quiz Dalam Menigkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Darut Taqwa Desa Sengonagung Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan.
Next
« Prev Post
« Prev Post
Previous
Next Post »
Next Post »
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
WARNING..!! Etika BERKOMENTAR di Blog all's well :
a. Gunakanlah Perkataan yang Baik, Ramah dan Sopan
b. Komentar SPAM akan all's well HAPUS setelah direview
c. Komentar NEGATIF & RASIS akan Segera di HAPUS
d. Dilarang Menambahkan "LINK AKTIF" dalam Komentar
Note: "ANDA SOPAN KAMI PUN SEGAN" (all's well) ConversionConversion EmoticonEmoticon