5K! Tips Sukses Belajar Kita

Print Friendly and PDF

Starberita - Ada kalanya belajar menjadi suatu kegiatan yang membosankan. Naik turunnya motivasi belajar merupakan salah satu pertanda jika belajar tidaklah selalu menyenangkan. Rasa malas untuk pergi ke kampus atau sekolah seringkali menghampiri siswa. Tidak jarang buku-buku yang dipinjam di sekolah hanya menumpuk di ruang belajar dan tidak tersentuh sama sekali. Keinginan belajar baru akan tumbuh di saat menjelang ujian tiba. Inilah fakta nyata minat siswa untuk belajar.

Berangkat dari fakta di atas, Grahabelajar membuat 5 kunci sukses yang disebut (tips sukses belajar 5K) untuk memandu siswa supaya berhasil dalam belajar. Ada lima hal yang perlu diperhatikan:

1. Keuletan / ketekunan
Tidak semua siswa memiliki minat untuk mempelajari materi yang diberikan di sekolah. Setiap materi sekolah memiliki tingkat kesulitan yang bervariasi. Jiwa yang ulet atau tekun akan membantu menguasai materi dengan baik. Jika suatu materi terasa berat untuk dipahami, sebaiknya siswa mengulang materi tersebut secara perlahan-lahan secara bertahap. Ibarat orang makan, kita akan akan menghabiskan satu piring nasi tidak dengan satu suapan tetapi dengan beberapa suapan (atau sendok). Demikian juga dengan kemampuan otak kita yang memerlukan proses secara bertahap untuk mencerna materi yang dipelajari. Tidak semua siswa terlahir dengan jenius.

2. Kesabaran

Seorang pelajar sebaiknya memilki jiwa yang sabar untuk pantang menyerah. Kegagalan hari ini sebaiknya dipergunakan sebagai cambuk untuk berhasil. Jiwa yang sabar akan membuat diri siswa menjadi lebih tenang ketika menghadapi kegagalan (hasil yang tidak sesuai dengan yang diharapkan).

3. Keterbukaan
Seorang pelajar sebaiknya memiliki jiwa terbuka. Keterbukaan dalam menerima kritik akan menjadikannya dewasa dan matang. Keterbukaan untuk mengutarakan permasalahan belajar yang dihadapinya akan mempercepat dirinya menemukan solusi permasalahan belajar yang dihadapinya. Ada banyak sekali media yang bisa dipergunakan untuk mencari solusi permasalahan belajar yang dihadapinya, seperti bertemu dengan guru bidang studi, diskusi dengan sesama siswa, dan mengikuti forum-forum belajar online seperti yang telah disediakan oleh Grahabelalajr (klik untuk membuka forum e learning grahabelajar).

4. Kemampuan
Tidak bisa disangkal jika uang diperlukan untuk mendukung keberhasilan belajar. Siswa memerlukan alat seperti buku dan komputer untuk membantu keberhasilannya dalam belajar. Anggaplah semua uang yang dikeluarkan untuk belajar adalah suatu investasi untuk masa depan. Jangan enggan untuk mengeluarkan dana yang diperlukan untuk mendukung kelancaran belajar. Pepatah Jawa mengatakan ‘Jer Basuki Mawa Beya”.

5. Kepasrahan
Jika semua usaha telah dilakukan, seorang siswa selanjutnya menyerahkan semua urusannya ke Tuhan. Sebagai orang beragama tentu kita menyakini jika Tuhan memegang kendali atas urusan kita. Berdoa secara teratur adalah suatu media kepasrahan kepadan Tuhan,  supaya Dia mengabulkan semua urusan kita atau memberikan yang terbaik untuk diri kita.

Semoga 5 tips di atas  bermanfaat untuk pembaca semua.
Previous
Next Post »

WARNING..!! Etika BERKOMENTAR di Blog all's well :

a. Gunakanlah Perkataan yang Baik, Ramah dan Sopan
b. Komentar SPAM akan all's well HAPUS setelah direview
c. Komentar NEGATIF & RASIS akan Segera di HAPUS
d. Dilarang Menambahkan "LINK AKTIF" dalam Komentar

Note: "ANDA SOPAN KAMI PUN SEGAN" (all's well) ConversionConversion EmoticonEmoticon

Our Gallery