Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Print Friendly and PDF

cara meningkatkan motivasi belajar siswa
Cara meningkatkan motivasi belajar siswa sebenarnya tidaklah sulit. Siswa hanya memerlukan motivasi yang tinggi untuk terus bersemangat dalam belajar sehingga bisa meningkatkan motivasi belajar dan mendapatkan hasil yang maksimal.
Lalu, bagaimana cara agar bisa meningkatkan motivasi belajar siswa? Cara ini sangat diperlukan terutama untuk para pengajar atau guru sebagai tenaga pendidik siswa. Karena tanpa motivasi mereka akan bosan belajar. Bisa juga mereka belajar dalam keadaan terpaksa jadi akan baik sekali jika mereka memiliki motivasi dalam belajar.
Pengajar harus memiliki kemampuan dalam memotivasi siswanya. Jadi, tidak hanya sebuah ilmu pasti yang mereka ajarkan. Karena sebuah ilmu tidak ada gunanya kalau siswanya sendiri tidak ada niat untuk mendalami dan menerapkan ilmu tersebut. Itu hanya terjadi jika siswa tersebut punya motivasi.
Berikut adalah cara meningkatkan motivasi belajar bagi siswa agar selalu bersemangat dalam belajar.

Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

1.Memberi Penilaian dengan angka

Berilah angka-angka sebagai penilaian siswa. Misalnya dalam menguasai bahan pelajaran atau dalam ujian. Ini adalah sebuah penghargaan bagi siswa. Dengan diberikan penilaian angka mereka merasa lebih dihargai sehingga akan lebih termotivasi dalam belajar. Yang perlu diperhatikan bagi pengajar adalah bahwa penilaian tersebut bukanlah hasil akhir, itu hanya sebuah angka sementara karena terkadang nilai belum bisa menggambarkan hasil yang nyata.

2.cara meningkatkan motivasi belajar siswa kedua adalah memberi hadiah

Berilah mereka hadiah jika nilai mereka tinggi. Misalnya jika anda adalah seorang guru dimana anda sebagai wali kelasnya. Secara pribadi anda bisa memberikan hadiah untuk siswa yang mendapatkan ranking kelas. Jadi, selain mereka mendapatkan hadiah yang mungkin mereka terima dari pihak sekolah secara umum juga hadiah dari anda secara pribadi.

3.Mengadakan Kompetisi

Sekali-kali adakan juga kompetisi. Tidak harus kompetisi besar dalam sebuah sekolah. Ini juga bisa dilakukan dalam kelas kecil tanpa harus dalam skala besar. Namun, perlu diingat juga, kompetisi harus benar-benar positif dan tidak menimbulkan perpecahan.

4. Memberi Ulangan

Berilah ulangan secara berkala. Para siswa akan giat belajar kalau mengetahui akan diadakan ulangan. Tetapi ulangan jangan terlalu sering dilakukan karena akan membosankan dan akan jadi rutinitas belaka.

5. Mengetahui Hasil

Bagikan hasil dari ulangan tersebut. Mengetahui hasil belajar bisa dijadikan sebagai alat motivasi belajar anak. Dengan mengetahui hasil belajarnya, siswa akan terdorong untuk belajar lebih giat. Apalagi jika hasil belajar itu mengalami kemajuan, siswa pasti akan berusaha mempertahankannya atau bahkan termotivasi untuk dapat meningkatkannya.

6. Memberi Pujian

Berilah mereka pujian. Anda juga jangan pilih-pilih dalam memberikan ujian. Karena tidak harus siswa yang pintar yang harus mendapatkan pujian dari anda. Anda bahkan bisa memuji siswa lainnya jika anda mau. Pujian berarti adalah sebuah penghargaan juga bagi siswa. Mereka akan tahu kalau mereka telah melakukan hal benar sehingga akan mereka lakukan lagi.

7. Memberikan Hukuman

Ada siswa yang berbuat kesalahan? Berilah hukuman. Hukuman akan diberikan kepada siswa yang berbuat kesalahan saat proses belajar mengajar. Hukuman ini diberikan dengan tujuan agar siswa tersebut mau merubah diri dan berusaha memacu motivasi belajarnya. Tentu saja bentuk hukuman yang diberikan adalah hukuman yang sifatnya mendidik.
Itulah beberapa tips meningkatkan motivasi belajar siswa. Apakah anda punya pendapat lain?Silahkan saja anda share!
Semoga bermanfaat dan terimakasih telah membaca artikel cara meningkatkan motivasi belajar siswa.

Previous
Next Post »

WARNING..!! Etika BERKOMENTAR di Blog all's well :

a. Gunakanlah Perkataan yang Baik, Ramah dan Sopan
b. Komentar SPAM akan all's well HAPUS setelah direview
c. Komentar NEGATIF & RASIS akan Segera di HAPUS
d. Dilarang Menambahkan "LINK AKTIF" dalam Komentar

Note: "ANDA SOPAN KAMI PUN SEGAN" (all's well) ConversionConversion EmoticonEmoticon

Our Gallery