Penerapan Metode Sosiodrama Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas IV B Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Sukun Malang | ||
Penulis | : | |
Tahun | : | 2011 |
Fakultas | : | Tarbiyah |
Jurusan | : | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Pembimbing | : | 1) Abdul Malik K. A. M.Pd. I. |
Kata Kunci | : | Metode Sosiodrama, Motivasi Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam |
Metode sosiodrama merupakan suatu cara mengajar
dengan jalan mendramatisaikan bentuk tingkah laku dalam hubungan sosial.
Sosiodrama merupakan alat pengajaran massal, pendengar harus
benar-benar mengikuti jalannya sosiodrama. Pada akhir sosiodrama, pada
suatu titik dimana telah timbul beberapa alternatif pemecahan soal yang
disosiodramakan, pendengar dimintai pendapat lalu dipilih orang-orang
tertentu untuk tampil ke depan mensosiodramakan persoalan menurut
pandangan mereka. Sosiodrama ini memiliki kelebihan dapat berkesan kuat
dan tahan lama dalam ingatan siswa, menarik bagi siswa dan membangkitkan
semangat dalam pembelajaran SKI pada materi Isra’ Mi’raj yang selama
ini dilakukan secara konvensional dan monoton.
Dari permasalahan di atas, maka kami rumuskan beberapa permasalahan yang nantinya akan kami jadikan titik tolak dalam penelitian kami ini, yaitu : (1) Bagaimanakah penerapan metode sosiodrama dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas IV B MI Islamiyah Sukun Malang?, (2) Apakah penerapan metode sosiodrama mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas IV B MI Islamiyah Sukun Malang? Untuk menemukan solusi terebut, penulis mengadakan penelitian menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitia PTK termasuk dalam penelitian kualitatif.
Dari hasil analisis didapatkan bahwa motivasi siswa mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari siklus 1 sampai siklus II. Pembelajaran dengan metode sosiodrama mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran SKI materi Isra’ Mi’raj kelas IV B MI Islamiyah Sukun Malang. Siswa juga mengalami kemajuan dalam penilaian antusias dalam mengikuti pembelajaran.
Dari permasalahan di atas, maka kami rumuskan beberapa permasalahan yang nantinya akan kami jadikan titik tolak dalam penelitian kami ini, yaitu : (1) Bagaimanakah penerapan metode sosiodrama dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas IV B MI Islamiyah Sukun Malang?, (2) Apakah penerapan metode sosiodrama mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas IV B MI Islamiyah Sukun Malang? Untuk menemukan solusi terebut, penulis mengadakan penelitian menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitia PTK termasuk dalam penelitian kualitatif.
Dari hasil analisis didapatkan bahwa motivasi siswa mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari siklus 1 sampai siklus II. Pembelajaran dengan metode sosiodrama mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran SKI materi Isra’ Mi’raj kelas IV B MI Islamiyah Sukun Malang. Siswa juga mengalami kemajuan dalam penilaian antusias dalam mengikuti pembelajaran.
Sumber:lib.uin-malang.ac.id
WARNING..!! Etika BERKOMENTAR di Blog all's well :
a. Gunakanlah Perkataan yang Baik, Ramah dan Sopan
b. Komentar SPAM akan all's well HAPUS setelah direview
c. Komentar NEGATIF & RASIS akan Segera di HAPUS
d. Dilarang Menambahkan "LINK AKTIF" dalam Komentar
Note: "ANDA SOPAN KAMI PUN SEGAN" (all's well) ConversionConversion EmoticonEmoticon