Download PTK SKI Kelas IV MI Lengkap

Print Friendly and PDF
Penerapan Metode Sosiodrama Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas IV B Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Sukun Malang
Penulis : Nur Aqlia Husniah
Tahun : 2011
Fakultas : Tarbiyah
Jurusan : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pembimbing : 1) Abdul Malik K. A. M.Pd. I.  
Kata Kunci : Metode Sosiodrama, Motivasi Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam
Metode sosiodrama merupakan suatu cara mengajar dengan jalan mendramatisaikan bentuk tingkah laku dalam hubungan sosial. Sosiodrama merupakan alat pengajaran massal, pendengar harus benar-benar mengikuti jalannya sosiodrama. Pada akhir sosiodrama, pada suatu titik dimana telah timbul beberapa alternatif pemecahan soal yang disosiodramakan, pendengar dimintai pendapat lalu dipilih orang-orang tertentu untuk tampil ke depan mensosiodramakan persoalan menurut pandangan mereka. Sosiodrama ini memiliki kelebihan dapat berkesan kuat dan tahan lama dalam ingatan siswa, menarik bagi siswa dan membangkitkan semangat dalam pembelajaran SKI pada materi Isra’ Mi’raj yang selama ini dilakukan secara konvensional dan monoton.
Dari permasalahan di atas, maka kami rumuskan beberapa permasalahan yang nantinya akan kami jadikan titik tolak dalam penelitian kami ini, yaitu : (1) Bagaimanakah penerapan metode sosiodrama dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas IV B MI Islamiyah Sukun Malang?, (2) Apakah penerapan metode sosiodrama mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas IV B MI Islamiyah Sukun Malang? Untuk menemukan solusi terebut, penulis mengadakan penelitian menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitia PTK termasuk dalam penelitian kualitatif.
Dari hasil analisis didapatkan bahwa motivasi siswa mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari siklus 1 sampai siklus II. Pembelajaran dengan metode sosiodrama mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran SKI materi Isra’ Mi’raj kelas IV B MI Islamiyah Sukun Malang. Siswa juga mengalami kemajuan dalam penilaian antusias dalam mengikuti pembelajaran.
Sumber:lib.uin-malang.ac.id
 
Previous
Next Post »

WARNING..!! Etika BERKOMENTAR di Blog all's well :

a. Gunakanlah Perkataan yang Baik, Ramah dan Sopan
b. Komentar SPAM akan all's well HAPUS setelah direview
c. Komentar NEGATIF & RASIS akan Segera di HAPUS
d. Dilarang Menambahkan "LINK AKTIF" dalam Komentar

Note: "ANDA SOPAN KAMI PUN SEGAN" (all's well) ConversionConversion EmoticonEmoticon

Our Gallery