PENERAPAN STRATEGI MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VI M MIFTAHUL ULUM GONDANGLEGI JURUSAN PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM i CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) MALANG

Print Friendly and PDF
PENERAPAN STRATEGI MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VI M MIFTAHUL ULUM GONDANGLEGI JURUSAN PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM i CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) MALANG
Penulis : Samsun Arif Roziqin
Tahun : 2012
Fakultas : Tarbiyah
Jurusan : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pembimbing : 1) Abdul Ghafur, M. Ag.  
Kata Kunci : Penerapan; Strategi Card Sort; Motivasi Belajar; Sejarah Kebudayaan Islam.
Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada saat ini dianggap sebagai pelajaran yang kurang menarik dan membosankan, sehingga siswa cenderung tidak termotivasi belajarnya. Salah satu upaya untuk mencapai tujuan tersebut
ialah pemilihan strategi pembelajaran yang tepat dari seorang guru dalam
penyampaian materi. Dalam realitanya guru masih menggunakan metode
konvensional sehingga membuat siswa kurang aktif dikelas. Menyikapi masalah tersebut, perlu dikembangkan strategi Card Sort atau sortir kartu yang berfungsi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, penerapan dan evaluasi strategi Card Sort dalam perkembangan motivasi belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang dilakukan di kelas VI MI Miftahul Ulum Gondanglegi Malang. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action
Research). Tahap penelitian ini mengikuti model yang dikembangkan oleh
Kemmis dan Mc Taggart, yaitu berupa suatu siklus spiral yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi yang dilakukan selama II Siklus. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dari perencanaan yaitu dengan menyiapkan RPP, materi SKI, menyusun soal-soal serta lembar jawaban, serta kartu pembelajaran. Dari segi pelaksanaan, guru menyiapkan kartu indek yang berisi materi tentang Ali bin Abi Thalib. Sedangkan dalam penerapannya, mengemasnya lebih menarik dan menyenangkan. Seperti mengunakan bermacam-macam kartu pembelajaran yang menarik dan membuat kondisi belajar yang membuat peserta didik bersemangat dan meningkatkan motivasi belajar. Indikator evaluasi strategi Card Sort ditandai dengan meningkatnya motivasi belajar siswa dari siklus ke siklus. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan motivasi belajar siswa ditunjukkan dengan prosentase 83,2% pada siklus II yang artinya ada peningkatan 11,7% pada siklus sebelumnya. Dengan rincian, nilai rata-rata dorongan berprestasi dalam kelompok sebesar 3,2; nilai rata-rata partisipasi dalam kelompok sebesar 3,4; nilai rata-rata motivas dalam mendalami SKI sebesar 3,4; nilai rata-rata usaha menyelesaikan tugas dengan lebih baik sebesar 3,1; dan nilai rata-rata motivasi dalam berprestasi sebesar 3,5. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan strategi card sort dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VI MI Miftahul Ulum Gondanglegi Malang.
 
 
Previous
Next Post »

WARNING..!! Etika BERKOMENTAR di Blog all's well :

a. Gunakanlah Perkataan yang Baik, Ramah dan Sopan
b. Komentar SPAM akan all's well HAPUS setelah direview
c. Komentar NEGATIF & RASIS akan Segera di HAPUS
d. Dilarang Menambahkan "LINK AKTIF" dalam Komentar

Note: "ANDA SOPAN KAMI PUN SEGAN" (all's well) ConversionConversion EmoticonEmoticon

Our Gallery