Usaha perbaikan dibidang pendidikan merupakan suatu keharusan untuk
selalu
dilaksanakan agar suatu bangsa dapat maju dan berkembang seiring dengan
kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Banyak upaya yang dilaksanakan
yang terpenting perbaikan dalam kompetensi tenaga pengajar. Kompetensi
merupakan salah satu syarat terpenting guru yang harus dipenuhi. Bila
kompetensi ini tidak ada pada diri seorang guru, maka ia tidak akan
berkompeten dalam melakukan tugasnya dan hasilnya pun tidak berbuah
manis. Dalam pembangunan kompetensi guru tidak berjalan sendiri, karena
guru adalah salah satu anggota sebuah organisasi kependidikan maka
pemimpin dari organisasi tersebut harus ikut campur. Keikutsertaan
pemimpin organisasi terhadap pengembangan kemampuan anggotanya bukan
sesuatu yang melanggar etika, namun sebuah keharusan, seorang pemimpin
bertanggungjawab atas anggota-anggotanya. Penelitian ini membahas
tentang “Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik
Guru Di Madrasah Ibtida’iyah Al-Adnani Kayangan Diwek Jombang” dengan
rumusan masalah sebagai berikut: 1)Bagaimana peran kepala madrasah dalam
meningkatkan kompetensi pedagogik guru yang meliputi peran dan upaya
kepala madrasah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MI
Al-Adnani Kayangan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1)
Mengetahui peran kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik
guru yang meliputi peran dan upaya kepala madrasah dalam meningkatkan
kompetensi pedagogik guru di MI Al-Adnani Kayangan. Metode penelitian
yang digunakan adalah metode kualitatif yang nantinya menghasilkan data
deskriptif, yakni deskripsi mengenai peranan kepala madrasah dalam
meningkatkan kompetensi pedagogik guru. Dalam pengambilan data
penulis menggunakan observasi, dokumentasi dan interview dengan kepalamadrasah dan guru di lokasi penelitian yakni di MI Al-Adnani Kayangan Diwek
Jombang
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peran kepala madrasah
terhadap peningkatan kompetensi pedagogik guru. Upaya kepala madrasah
dalam meningkatkan kompetensit ersebut yakni 1. Mengikutsertakan guru
dalam penataran atau pelatihan untuk menambah wawasan. 2. Memberi
nasehat kepada guru. 3. Memberi dorongan kepada guru. 4. Mengadakan
supervisi. 5. Membuka komuikasi dua arah. 6. Menyusun program untuk
guru. 6. Memotivasi guru. Sedangkan peran kepala madrasah dalam
meningkatkan kompetensi pedagogik guru yakni 1. Peran edukator, 2. Peran
supervise. 3 Peran pemimpin. 4. Peran motivator. Terdapat faktor-faktor
yang mempengaruhi upaya peningkatan kompetensi pedagogik guru, yaitu:
a). faktor pendukung, yakni meliputi: kemampuan kepala xviii madrasah,
fasilitas, motivasi dan semangat guru yang ingin menjadi lebih baik dan
b). faktor penghambat, yang meliputi: waktu pelaksanaan program
pengembangan dengan jadwal para guru, dan ekonomi para guru karena
madrasah terdapat di desa sehingga tidak semua guru memiliki keadaan
ekonomi yang sama.
|
||||||||||||||||||||||
Karya Ilmiah
PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI MADRASAH IBTIDA’IYAH AL-ADNANI KAYANGAN DIWEK JOMBANG
Next
« Prev Post
« Prev Post
Previous
Next Post »
Next Post »
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
WARNING..!! Etika BERKOMENTAR di Blog all's well :
a. Gunakanlah Perkataan yang Baik, Ramah dan Sopan
b. Komentar SPAM akan all's well HAPUS setelah direview
c. Komentar NEGATIF & RASIS akan Segera di HAPUS
d. Dilarang Menambahkan "LINK AKTIF" dalam Komentar
Note: "ANDA SOPAN KAMI PUN SEGAN" (all's well) ConversionConversion EmoticonEmoticon