PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI MADRASAH IBTIDA’IYAH AL-ADNANI KAYANGAN DIWEK JOMBANG

Print Friendly and PDF
PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI MADRASAH IBTIDA’IYAH AL-ADNANI KAYANGAN DIWEK JOMBANG
Penulis : Siti Nur Syafa’ati Rohma
Tahun : 2012
Fakultas : Tarbiyah
Jurusan : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pembimbing : 1) Muhammad Walid M.A..  
Kata Kunci : kompetensi pedagogik; guru; proses belajar mengajar
Usaha perbaikan dibidang pendidikan merupakan suatu keharusan untuk
selalu dilaksanakan agar suatu bangsa dapat maju dan berkembang seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Banyak upaya yang dilaksanakan yang terpenting perbaikan dalam kompetensi tenaga pengajar. Kompetensi merupakan salah satu syarat terpenting guru yang harus dipenuhi. Bila kompetensi ini tidak ada pada diri seorang guru, maka ia tidak akan berkompeten dalam melakukan tugasnya dan hasilnya pun tidak berbuah manis. Dalam pembangunan kompetensi guru tidak berjalan sendiri, karena guru adalah salah satu anggota sebuah organisasi kependidikan maka pemimpin dari organisasi tersebut harus ikut campur. Keikutsertaan pemimpin organisasi terhadap pengembangan kemampuan anggotanya bukan sesuatu yang melanggar etika, namun sebuah keharusan, seorang pemimpin bertanggungjawab atas anggota-anggotanya. Penelitian ini membahas tentang “Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Di Madrasah Ibtida’iyah Al-Adnani Kayangan Diwek Jombang” dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1)Bagaimana peran kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru yang meliputi peran dan upaya kepala madrasah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MI Al-Adnani Kayangan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengetahui peran kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru yang meliputi peran dan upaya kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MI Al-Adnani Kayangan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yang nantinya menghasilkan data deskriptif, yakni deskripsi mengenai peranan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru. Dalam pengambilan data
penulis menggunakan observasi, dokumentasi dan interview dengan kepala
madrasah dan guru di lokasi penelitian yakni di MI Al-Adnani Kayangan Diwek
Jombang Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peran kepala madrasah terhadap peningkatan kompetensi pedagogik guru. Upaya kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensit ersebut yakni 1. Mengikutsertakan guru dalam penataran atau pelatihan untuk menambah wawasan. 2. Memberi nasehat kepada guru. 3. Memberi dorongan kepada guru. 4. Mengadakan supervisi. 5. Membuka komuikasi dua arah. 6. Menyusun program untuk guru. 6. Memotivasi guru. Sedangkan peran kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru yakni 1. Peran edukator, 2. Peran supervise. 3 Peran pemimpin. 4. Peran motivator. Terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi upaya peningkatan kompetensi pedagogik guru, yaitu: a). faktor pendukung, yakni meliputi: kemampuan kepala xviii madrasah, fasilitas, motivasi dan semangat guru yang ingin menjadi lebih baik dan b). faktor penghambat, yang meliputi: waktu pelaksanaan program pengembangan dengan jadwal para guru, dan ekonomi para guru karena madrasah terdapat di desa sehingga tidak semua guru memiliki keadaan ekonomi yang sama.
 
 

Previous
Next Post »

WARNING..!! Etika BERKOMENTAR di Blog all's well :

a. Gunakanlah Perkataan yang Baik, Ramah dan Sopan
b. Komentar SPAM akan all's well HAPUS setelah direview
c. Komentar NEGATIF & RASIS akan Segera di HAPUS
d. Dilarang Menambahkan "LINK AKTIF" dalam Komentar

Note: "ANDA SOPAN KAMI PUN SEGAN" (all's well) ConversionConversion EmoticonEmoticon

Our Gallery