Meningkatkan Motivasi Belajar Mufradat Dan Qowa’id Melalui Strategi Index Card Matc Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Di Kelas V MI Ar-Rahmah Bendo Jabung Malang

Print Friendly and PDF
Meningkatkan Motivasi Belajar Mufradat Dan Qowa’id Melalui Strategi Index Card Matc Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Di Kelas V MI Ar-Rahmah Bendo Jabung Malang
Penulis : FAIZATUL FITRIYAH
Tahun : 2009
Fakultas : Tarbiyah
Jurusan : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pembimbing : 1) Drs. M. Yunus, M.Si..  
Kata Kunci : Motivasi, Strategi, Index Card Matc.
Rendahnya kualitas program pembelajaran di Madrasah, seringkali
disebabkan oleh sistem pembelajaran yang dilakukan di Madrasah tersebut.
Kebanyakan siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar hanya datang,
mengikuti ceramah guru, melihat guru menulis di papan tulis, lalu mengingat
segala informasi yang di berikan oleh guru. Untuk menanggulangi hal itu telah
banyak konsep strategi pembelajaran aktif yang ditawarkan. Strategi
pembelajaran aktif nampaknya merupakan jawaban atas permasalahan tentang
rendahnya mutu atau kualitas pembelajaran di Indonesia pada umumnya, salah
satunya adalah penerapan strategi index card matc. Dengan menerapkan strategi
pembelajaran ini, diharapkan mutu atau kualitas pembelajaran meningkat, sebab
pada strategi ini keaktifan peserta didik lebih diutamakan.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengungkapkan bahwa strategi
index card matc dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, (2)
Mendeskripsikan proses meningkatkan motivasi belajar mufradat dan qowa’id
pada mata pelajaran bahasa Arab dengan strategi index card matc pada siswa
kelas V di MI. Ar-Rahmah bendo-Jabung-Malang,
Penelitian yang penulis lakukan ini menggunakan pendekatan kualitatif
dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Urutan kegiatan penelitian
mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan (4) refleksi.
Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik wawancara, observasi,
dokumentasi, pengukuran tes hasil belajar, dan angket. Sedangkan untuk
analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Untuk uji
keabsahan data penulis menggunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi index card matc dapat
meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab pada siswa kelas V semester genap
tahun akademik 2008/2009 di MI. Ar-Rahmah Bendo-Jabung-Malang. Secara
kuantitatif dapat ditunjukkan pada tes individual sebesar 91,17% atau sebanyak
31 orang siswa dari 34 peserta tes dinyatakan lulus. Sedangkan yang gagal
sebanyak 3 orang siswa atau sebesar 8,82%. Ini berarti 97% siswa berhasil
dinyatakan lulus. Begitu juga pada hasil tes kelompok memperoleh skor dalam
rentang lulus. Sedang secara kualitatif dapat dijelaskan dari banyaknya siswa
yang menyatakan sangat setuju dengan pernyataan bahwa pembelajaran dengan
menerapkan strategi index card matc menyenangkan, tumbuhnya rasa
kebersamaan dalam kelompok, dan suasana kelas menjadi hidup (2) pelaksanaan
proses pembelajaran dengan menggunakan strategi index card matc pada mata
pelajaran bahasa arab, yang membahas tentang mufrodat dan qowa’id, telah
menunjukkan bahwa proses pembelajaran berjalan dengan efektif dan efisien.
Hal ini dapat ditunjukkan dari sikap dan keantusiasan peserta didik dalam
mengikuti proses pembelajaran, serta tidak memerlukan waktu yang lama untuk
dapat memahamkan peserta didik terhadap pelajaran yang disajikan dengan
mengaplikasikan strategi index card matc. Kalaupun masih ada alternatif lain
yang mungkin lebih baik dari apa yang telah disampaikan atau ditulis dalam
skripsi ini, maka hal itu dapat dijadikan sebagai masukan atau tambahan agar
skripsi ini terus berkembang dan tidak berhenti sampai disini.
 
 
Previous
Next Post »

WARNING..!! Etika BERKOMENTAR di Blog all's well :

a. Gunakanlah Perkataan yang Baik, Ramah dan Sopan
b. Komentar SPAM akan all's well HAPUS setelah direview
c. Komentar NEGATIF & RASIS akan Segera di HAPUS
d. Dilarang Menambahkan "LINK AKTIF" dalam Komentar

Note: "ANDA SOPAN KAMI PUN SEGAN" (all's well) ConversionConversion EmoticonEmoticon

Our Gallery