Rendahnya kualitas program pembelajaran di Madrasah, seringkali
disebabkan oleh sistem pembelajaran yang dilakukan di Madrasah tersebut. Kebanyakan siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar hanya datang, mengikuti ceramah guru, melihat guru menulis di papan tulis, lalu mengingat segala informasi yang di berikan oleh guru. Untuk menanggulangi hal itu telah banyak konsep strategi pembelajaran aktif yang ditawarkan. Strategi pembelajaran aktif nampaknya merupakan jawaban atas permasalahan tentang rendahnya mutu atau kualitas pembelajaran di Indonesia pada umumnya, salah satunya adalah penerapan strategi index card matc. Dengan menerapkan strategi pembelajaran ini, diharapkan mutu atau kualitas pembelajaran meningkat, sebab pada strategi ini keaktifan peserta didik lebih diutamakan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengungkapkan bahwa strategi index card matc dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, (2) Mendeskripsikan proses meningkatkan motivasi belajar mufradat dan qowa’id pada mata pelajaran bahasa Arab dengan strategi index card matc pada siswa kelas V di MI. Ar-Rahmah bendo-Jabung-Malang, Penelitian yang penulis lakukan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, pengukuran tes hasil belajar, dan angket. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Untuk uji keabsahan data penulis menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi index card matc dapat meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab pada siswa kelas V semester genap tahun akademik 2008/2009 di MI. Ar-Rahmah Bendo-Jabung-Malang. Secara kuantitatif dapat ditunjukkan pada tes individual sebesar 91,17% atau sebanyak 31 orang siswa dari 34 peserta tes dinyatakan lulus. Sedangkan yang gagal sebanyak 3 orang siswa atau sebesar 8,82%. Ini berarti 97% siswa berhasil dinyatakan lulus. Begitu juga pada hasil tes kelompok memperoleh skor dalam rentang lulus. Sedang secara kualitatif dapat dijelaskan dari banyaknya siswa yang menyatakan sangat setuju dengan pernyataan bahwa pembelajaran dengan menerapkan strategi index card matc menyenangkan, tumbuhnya rasa kebersamaan dalam kelompok, dan suasana kelas menjadi hidup (2) pelaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan strategi index card matc pada mata pelajaran bahasa arab, yang membahas tentang mufrodat dan qowa’id, telah menunjukkan bahwa proses pembelajaran berjalan dengan efektif dan efisien. Hal ini dapat ditunjukkan dari sikap dan keantusiasan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran, serta tidak memerlukan waktu yang lama untuk dapat memahamkan peserta didik terhadap pelajaran yang disajikan dengan mengaplikasikan strategi index card matc. Kalaupun masih ada alternatif lain yang mungkin lebih baik dari apa yang telah disampaikan atau ditulis dalam skripsi ini, maka hal itu dapat dijadikan sebagai masukan atau tambahan agar skripsi ini terus berkembang dan tidak berhenti sampai disini. |
||||||||||||||||||||||
Karya Ilmiah
Meningkatkan Motivasi Belajar Mufradat Dan Qowa’id Melalui Strategi Index Card Matc Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Di Kelas V MI Ar-Rahmah Bendo Jabung Malang
Next
« Prev Post
« Prev Post
Previous
Next Post »
Next Post »
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
WARNING..!! Etika BERKOMENTAR di Blog all's well :
a. Gunakanlah Perkataan yang Baik, Ramah dan Sopan
b. Komentar SPAM akan all's well HAPUS setelah direview
c. Komentar NEGATIF & RASIS akan Segera di HAPUS
d. Dilarang Menambahkan "LINK AKTIF" dalam Komentar
Note: "ANDA SOPAN KAMI PUN SEGAN" (all's well) ConversionConversion EmoticonEmoticon