Penerapan Strategi Reading Guide Dan Index Card Match Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Tentang Akhlak Terpuji Pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Cengkok Ngronggot Nganjuk | ||
Penulis | : | |
Tahun | : | 2009 |
Fakultas | : | Tarbiyah |
Jurusan | : | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Pembimbing | : | 1) Drs. H. Asmaun Sahlan, M.Ag. |
Kata Kunci | : | Strategi Reading Guide, Index Card Matc, Motivasi |
Berhasil atau tidaknya suatu pendidikan salah satunya adalah karena guru.
Maka Guru merupakan komponen paling menentukan dalam sistem pendidikan
secara keseluruhan, yang harus mendapat perhatian sentral, pertama dan utama.
Oleh karena itu, Guru harus pandai memilih strategi yang tepat dan sesuai dengan
kebutuhan anak didik agar supaya anak didik merasa senang dalam belajar. Salah
satu alternatif yang digunakan yaitu dengan menerapkan strategi Reading Guide
dan Index Card Matc pada saat kegiatan belajar berlangsung sehingga hasil
pendidikan yang sesuai dapat terwujud dengan harapan kita. Dengan Penerapan
strategi Reading Guide dan Index Card Matc ini mengajak siswa untuk ikut
berperan aktif dalam melaksanakan pembelajaran, karena di dalam strategi
Reading Guide dan Index Card Matc terdapat beberapa strategi dan teknik yang
dapat menciptakan suasana belajar menjadi efektif, efisien dan menyenangkan.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan proses
merencanakan pembelajaran menggunakan strategi reading guide dan index card
matc untuk meningkatkan motivasi belajar tentang akhlak terpuji pada siswa kelas
V MIN Cengkok Ngronggot Nganjuk. (2) Untuk mendiskripsikan proses
melaksanakan pembelajaran menggunakan strategi reading guide dan index card
matc untuk meningkatkan motivasi belajar tentang akhlak terpuji pada siswa kelas
V MIN Cengkok Ngronggot Nganjuk. (3) Untuk mendiskripsikan proses
mengevaluasi pembelajaran menggunakan strategi reading guide dan index card
matc untuk meningkatkan motivasi belajar tentang akhlak terpuji pada siswa kelas
V MIN Cengkok Ngronggot Nganjuk.
Penelitian yang penulis lakukan ini menggunakan pendekatan kualitatif
dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), dalam mengumpulkan data, penulis
menggunakan beberapa metode yaitu: metode observasi, metode dokumentasi dan
metode wawancara, adapun yang menjadi responden adalah guru mata pelajaran
akidah akhlak kelas V dan semua siswa kelas VA MIN Cengkok. Sedangkan untuk
menganalisisnya penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu berupa datadata
yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati, sehingga dalam hal
ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara
menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Selain itu, untuk mendukung uraian
dari keadaan yang sebenarnya di lapangan, disini penulis sertakan tabel sebagai
pelengkap data.
Proses perencanaan pembelajaran dalam penelitian ini melalui Strategi
Reading Guide dan Index Card Match, yang terdiri dari 2 siklus 3 kali pertemuan.
Siklus pertama terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus kedua satu kali
pertemuan. Dalam perencanaan, peneliti menyusun rencana pelaksaan
pembelajaran, membuat media pembelajaran menyusun instrumen observasi untuk
mengamati siswa dalam kegiatan belajar. Dan sebelum pelajaran dimulai diadakan
pre test telebih dahulu untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap
materi akhlak terpuji, dengan menggunakan pembelajaran konvensional.
Proses pelaksanaan pembelajaran dalam penelitian ini dilakukan sesuai
dengan rencana yang telah disusun, pada siklus I, pertemuan pertama indikator yang
harus dicapai yaitu mengetahui arti optimis, qanaah dan tawakal, menunjukkan
contoh-contoh sifat-sifat optimis, qanaah dan tawakal, dan menunjukkan keuntungan
sifat optimis, qanaah dan tawakal. pertemuan kedua mengadakan evaluasi yaitu
bersama-sama siswa mengerjakan soal tentang materi minggu lalu. Pada siklus II
hampir sama dengan siklus I, hanya saja untuk memberikan pemahaman kepada
siswa secara garis besar
Proses pelaksanaan evaluasi dalam pembelajaran ini dilakukan pada setiap
pertemuan setelah proses pembelajaran berlangsung. Penilaian ini dilakukan untuk
mengetahui tingkat keberhasilan siswa dalam menggunakan strategi yang telah
diterapkan. Tingkat keberhasilan kelas dalam setiap siklusnya mengalami
peningkatan, yaitu mulai dari pre test yang rata-rata 60,8 meningkat pada siklus I
menjadi 70,2 kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 83,1. Sedangkan
pada motivasi belajar siswa juga mengalami peningkatan dari pre test yang semula
1,5 meningkat menjadi 1,9 dan meningkat lagi menjadi 2,5. Dari hasil penilaian
dapat dibuktikan bahwa penerapan strategi reading guide dan index card match
dapat meningkatkan motivasi belajar akhlak terpuji pada siswa kelas VA MIN
Cengkok-Ngronggot-Nganjuk.
Maka Guru merupakan komponen paling menentukan dalam sistem pendidikan
secara keseluruhan, yang harus mendapat perhatian sentral, pertama dan utama.
Oleh karena itu, Guru harus pandai memilih strategi yang tepat dan sesuai dengan
kebutuhan anak didik agar supaya anak didik merasa senang dalam belajar. Salah
satu alternatif yang digunakan yaitu dengan menerapkan strategi Reading Guide
dan Index Card Matc pada saat kegiatan belajar berlangsung sehingga hasil
pendidikan yang sesuai dapat terwujud dengan harapan kita. Dengan Penerapan
strategi Reading Guide dan Index Card Matc ini mengajak siswa untuk ikut
berperan aktif dalam melaksanakan pembelajaran, karena di dalam strategi
Reading Guide dan Index Card Matc terdapat beberapa strategi dan teknik yang
dapat menciptakan suasana belajar menjadi efektif, efisien dan menyenangkan.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan proses
merencanakan pembelajaran menggunakan strategi reading guide dan index card
matc untuk meningkatkan motivasi belajar tentang akhlak terpuji pada siswa kelas
V MIN Cengkok Ngronggot Nganjuk. (2) Untuk mendiskripsikan proses
melaksanakan pembelajaran menggunakan strategi reading guide dan index card
matc untuk meningkatkan motivasi belajar tentang akhlak terpuji pada siswa kelas
V MIN Cengkok Ngronggot Nganjuk. (3) Untuk mendiskripsikan proses
mengevaluasi pembelajaran menggunakan strategi reading guide dan index card
matc untuk meningkatkan motivasi belajar tentang akhlak terpuji pada siswa kelas
V MIN Cengkok Ngronggot Nganjuk.
Penelitian yang penulis lakukan ini menggunakan pendekatan kualitatif
dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), dalam mengumpulkan data, penulis
menggunakan beberapa metode yaitu: metode observasi, metode dokumentasi dan
metode wawancara, adapun yang menjadi responden adalah guru mata pelajaran
akidah akhlak kelas V dan semua siswa kelas VA MIN Cengkok. Sedangkan untuk
menganalisisnya penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu berupa datadata
yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati, sehingga dalam hal
ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara
menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Selain itu, untuk mendukung uraian
dari keadaan yang sebenarnya di lapangan, disini penulis sertakan tabel sebagai
pelengkap data.
Proses perencanaan pembelajaran dalam penelitian ini melalui Strategi
Reading Guide dan Index Card Match, yang terdiri dari 2 siklus 3 kali pertemuan.
Siklus pertama terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus kedua satu kali
pertemuan. Dalam perencanaan, peneliti menyusun rencana pelaksaan
pembelajaran, membuat media pembelajaran menyusun instrumen observasi untuk
mengamati siswa dalam kegiatan belajar. Dan sebelum pelajaran dimulai diadakan
pre test telebih dahulu untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap
materi akhlak terpuji, dengan menggunakan pembelajaran konvensional.
Proses pelaksanaan pembelajaran dalam penelitian ini dilakukan sesuai
dengan rencana yang telah disusun, pada siklus I, pertemuan pertama indikator yang
harus dicapai yaitu mengetahui arti optimis, qanaah dan tawakal, menunjukkan
contoh-contoh sifat-sifat optimis, qanaah dan tawakal, dan menunjukkan keuntungan
sifat optimis, qanaah dan tawakal. pertemuan kedua mengadakan evaluasi yaitu
bersama-sama siswa mengerjakan soal tentang materi minggu lalu. Pada siklus II
hampir sama dengan siklus I, hanya saja untuk memberikan pemahaman kepada
siswa secara garis besar
Proses pelaksanaan evaluasi dalam pembelajaran ini dilakukan pada setiap
pertemuan setelah proses pembelajaran berlangsung. Penilaian ini dilakukan untuk
mengetahui tingkat keberhasilan siswa dalam menggunakan strategi yang telah
diterapkan. Tingkat keberhasilan kelas dalam setiap siklusnya mengalami
peningkatan, yaitu mulai dari pre test yang rata-rata 60,8 meningkat pada siklus I
menjadi 70,2 kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 83,1. Sedangkan
pada motivasi belajar siswa juga mengalami peningkatan dari pre test yang semula
1,5 meningkat menjadi 1,9 dan meningkat lagi menjadi 2,5. Dari hasil penilaian
dapat dibuktikan bahwa penerapan strategi reading guide dan index card match
dapat meningkatkan motivasi belajar akhlak terpuji pada siswa kelas VA MIN
Cengkok-Ngronggot-Nganjuk.
WARNING..!! Etika BERKOMENTAR di Blog all's well :
a. Gunakanlah Perkataan yang Baik, Ramah dan Sopan
b. Komentar SPAM akan all's well HAPUS setelah direview
c. Komentar NEGATIF & RASIS akan Segera di HAPUS
d. Dilarang Menambahkan "LINK AKTIF" dalam Komentar
Note: "ANDA SOPAN KAMI PUN SEGAN" (all's well) ConversionConversion EmoticonEmoticon