Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Dengan Menggunakan Teknik Numbered Heads Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran Sains Di MI Wahid Hasyim Sukoanyar Pakis Malang | ||
Penulis | : | |
Tahun | : | 2009 |
Fakultas | : | Tarbiyah |
Jurusan | : | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Pembimbing | : | 1) Dr. H. Agus Maimun, M.Pd. |
Kata Kunci | : | Strategi Kooperatif, Numbered Heads, Motivasi Belajar, Sains |
Ada persepsi umum yang sudah berakar dalam dunia pendidikan dan juga
sudah menjadi harapan masyarakat. Persepsi umum ini menganggap bahwa sudah
merupakan tugas guru untuk mengajar dan menyodori siswa dengan muatanmuatan
informasi dan pengetahuan. Guru perlu bersikap atau setidaknya
dipandang oleh siswa sebagai yang mahatahu dan sumber informasi. Tampaknya,
perlu adanya perubahan paradigma dalam menelaah proses belajar siswa dan
interaksi antara siswa dan guru. Sudah seyogyanyalah kegiatan belajar mengajar
juga lebih mempertimbangkan siswa. Dalam pembelajaran dengan menggunakan
strategi pembelajaran kooperatif teknik numbered heads siswa tidak hanya
mendapatkan informasi dari guru saja, akan tetapi siswa juga bisa bisa belajar
dengan temannya sehingga siswa lebih aktif ketika mengikuti kegiatan belajar
mengajar dan pembelajaran dirasa lebih menyenangkan. Untuk itu peneliti
menerapkan strategi pembelajaran kooperatif teknik numbered heads untuk
meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sains siswa kelas IV MI
Wahid Hasyim Sukoanyar Pakis Malang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan motivasi
belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran sains dengan menerapkan strategi
pembelajaran kooperatif teknik numbered heads.
Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
(PTK) atau Classroom Action Research yakni suatu penelitian yang mengkaji
proses pembelajaran dikaitkan dengan pengoptimalan penggunaan metode, media,
strategi pembelajaran, dalam mana kegiatan perbaikan pembelajaran tersebut
diharapkan dapat meningkatkan proses dan hasil pembelajaran siswa. Adapun
pendekatan penelitiannya menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
menggunakan rumus prosentase untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar
siswa.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran kooperatif
teknik numbered heads dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV pada
mata pelajaran sains di MI Wahid Hasyim Sukoanyar Pakis Malang. Hal ini
terlihat pada lembar observasi motivasi yang terus meningkat yaitu meningkat
sebesar 94,7%.
sudah menjadi harapan masyarakat. Persepsi umum ini menganggap bahwa sudah
merupakan tugas guru untuk mengajar dan menyodori siswa dengan muatanmuatan
informasi dan pengetahuan. Guru perlu bersikap atau setidaknya
dipandang oleh siswa sebagai yang mahatahu dan sumber informasi. Tampaknya,
perlu adanya perubahan paradigma dalam menelaah proses belajar siswa dan
interaksi antara siswa dan guru. Sudah seyogyanyalah kegiatan belajar mengajar
juga lebih mempertimbangkan siswa. Dalam pembelajaran dengan menggunakan
strategi pembelajaran kooperatif teknik numbered heads siswa tidak hanya
mendapatkan informasi dari guru saja, akan tetapi siswa juga bisa bisa belajar
dengan temannya sehingga siswa lebih aktif ketika mengikuti kegiatan belajar
mengajar dan pembelajaran dirasa lebih menyenangkan. Untuk itu peneliti
menerapkan strategi pembelajaran kooperatif teknik numbered heads untuk
meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sains siswa kelas IV MI
Wahid Hasyim Sukoanyar Pakis Malang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan motivasi
belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran sains dengan menerapkan strategi
pembelajaran kooperatif teknik numbered heads.
Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
(PTK) atau Classroom Action Research yakni suatu penelitian yang mengkaji
proses pembelajaran dikaitkan dengan pengoptimalan penggunaan metode, media,
strategi pembelajaran, dalam mana kegiatan perbaikan pembelajaran tersebut
diharapkan dapat meningkatkan proses dan hasil pembelajaran siswa. Adapun
pendekatan penelitiannya menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
menggunakan rumus prosentase untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar
siswa.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran kooperatif
teknik numbered heads dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV pada
mata pelajaran sains di MI Wahid Hasyim Sukoanyar Pakis Malang. Hal ini
terlihat pada lembar observasi motivasi yang terus meningkat yaitu meningkat
sebesar 94,7%.
WARNING..!! Etika BERKOMENTAR di Blog all's well :
a. Gunakanlah Perkataan yang Baik, Ramah dan Sopan
b. Komentar SPAM akan all's well HAPUS setelah direview
c. Komentar NEGATIF & RASIS akan Segera di HAPUS
d. Dilarang Menambahkan "LINK AKTIF" dalam Komentar
Note: "ANDA SOPAN KAMI PUN SEGAN" (all's well) ConversionConversion EmoticonEmoticon