Kemenag Bangun 16 Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia

Print Friendly and PDF

(Jakarta, 22/08/2013), , Tahun 2013, Kementerian Agama akan membangun 16 unit Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC), untuk meningkatkan pelayanan bidang pendidikan. “Pendidikan untuk semua atau yang biasa disebut education for all adalah komitmen total pemerintah”, ujar Menteri Agama  Suryadharma Ali yang didampingi Sekjen Kemenag Bahrul Hayat, dan Dirjen Pendidikan Islam (Pendis) Prof Nur Syam, di Jakarta, selasa (20/8).
Hal itu disampaikannya pada Rapat Koordinasi dan Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) terkait pengembangan pembangunan MAN IC, antara Kemenag dengan Kementerian Pekerjaan umum, Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Kesehatan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Badan Pertanahan Nasional, serta Pemprov. Maluku Utara dan beberapa Bupati dan Walikota.
Dirjen Pendis Prof Nur Syam menjelaskan, untuk tahun anggaran 2013, akan dibangun 16 MAN IC diberbagai daerah di Indonesia, antara lain di Aceh Timur (Aceh), Tapanuli Selatan (Sumut), Padang Pariaman (Sumbar), Siak (Riau), Bengkulu Tengah (Bengkulu), Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan, Pekalongan (Jateng), Pasuruan (Jatim), Lombok Timur (NTB), Sambas, Pasir, Palangkaraya (Kalimantan), Palu (Sulteng), Halmahera Barat (Maluku Utara), dan Kabupaten Sorong (Papua Barat).
“Itulah komitmen pemerintah untuk memberi kesempatan kepada siapapun, dengan latar belakang apapun, untuk belajar dan menuntut ilmu. Hal ini penting, karena pendidikan adalah investasi jangka panjang negara untuk semakin baik, maju & sejahtera. Pendidikan yang baik dan benar, mampu memutus mata rantai kemiskinan di Indonesia”, kata Nur Syam.
Dia menambahkan, 16 Madrasah baru itu akan melengkapi tiga MAN IC yang sudah ada, yakni di Serpong (Banten), Jambi, dan Gorontalo.  “ Ketiga MAN IC itu terbukti sukses dan berprsetasi, bahkan ada siswa yang mampu meraih medali di olimpiade sains. MAN IC Serpong mampu menjadi sekolah dengan nilai ujian nomor dua nasional. Suatu hal yang sangat membanggakan. Dan juga, 97 persen lulusan MAN IC bisa diterima di perguruan tinggi elit di  tanah air, bahkan ada yang kuliah di Singapura, Korea dan Jepang”. Kata Nur Syam.
“Banyak keluarga miskin yang mempunyai anak cerdas, namun akibat ketidak mampuan orangtua, mereka tidak dapat sekolah. Adalah tugas pemerintah untuk menyekolahkan mereka”, kata Nur Syam.
Dalam kesempatan tersebut, Menag Suryadharma Ali sempat berdiskusi dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah yang diwakili Wagub A Diran, dan representasi Pemprov Sulawesi Tengah, melalui teleconference terkai MoU pembangunan MAN IC. (Sumber : kemenag.go.id, 21/08)
Previous
Next Post »

WARNING..!! Etika BERKOMENTAR di Blog all's well :

a. Gunakanlah Perkataan yang Baik, Ramah dan Sopan
b. Komentar SPAM akan all's well HAPUS setelah direview
c. Komentar NEGATIF & RASIS akan Segera di HAPUS
d. Dilarang Menambahkan "LINK AKTIF" dalam Komentar

Note: "ANDA SOPAN KAMI PUN SEGAN" (all's well) ConversionConversion EmoticonEmoticon

Our Gallery