Apa Saja Fungsi Mikroskop?

Print Friendly and PDF

Fungsi Mikroskop
Banyak orang yang berpendapat bahwa mikroskop merupakan alat yang memiliki kontribusi yang signifikan terhadap perkembangan ilmu pengentahuan terutama pada cabang ilmu mikrobiologi yang khusus mempelajari objek atau organisme dengan ukuran yang tak terdeteksi mata telanjang atau mata normal. Tujuan awal penciptaan mikroskop memang untuk menguak kehidupan makhluk-makhluk yang hidup di sekitar kita namun tidak kita sadari sebab tak terlihat. Dengan demikian, fungsi mikroskop yang paling utama adalah untuk melihat dan mengamati objek dengan ukuran mikroskopis. Namun seiring perkembangan waktu, jenis-jenis mikroskop mulai beragam dan masing-masing memiliki fungsi yang lebih detil. Meskipun kesemua fungsi tersebut tentu saja masih mengakar pada fungsi utamanya yakni: mengamati objek yang dengan ukuran mikroskopis.

Ada beragam jenis mikroskop. Namun secara garis besar bisa dibagi ke dalam dua kelompok besar yakni mikroskop cahaya dan mikroskop listrik atau elektron. Keduanya masih dibagi lagi ke dalam beberapa jenis mikroskop dengan fitur-fitur yang memnambah fungsinya lebih detil. Misalnya saja mikroskop cahaya yang dibagi ke dalam dua kelompok. Kelompok yang satu terdiri atas mikroskop monokuler dan juga mikroskop binokuler. Kedua jenis alat ini memiliki fungsi mikroskop yang lebih detil. Keduanya ditujukan untuk meneliti bagian dalam satu sel dengan menggunakan cahaya lampu.

Mikroskop jenis lainnya adalah mikroskop digital. Jenis yang satu ini sudah tersambung dengan sistem komputer sehingga hasil pengamatan jauh lebih detil sebab secara otomatis akan didokumentasikan di komputer. Fungsi mikroskop ini membuat banyak peneliti menggunakannya dalam suatu proyek yang serius dan membutuhkan kehati-hatian. Masih ada jenis mikroskop lainnya yang memiliki fungsi yang lebih spesifik. Hal ini ditandai dengan adanya varian fitur yang ada pada masing-masing mikroskop tersebut. Mulai dari yang sederhana yang biasanya digunakan di sekolah hingga mikroskop berteknologi canggih yang hanya digunakan para peneliti professional. Masing-masing mikroskop ini bisa dibedakan berdasarkan beberapa hal, mulai dari berapa jumlah lensa objektifnya, apa saja jenis lensa objektifnya, berapa jumlah perbesarannya, dari mana sumber penyinarannya dan masih banyak lagi lainnya.

Saat ini, teknologi telah memungkinkan para ilmuan menciptakan beragam jenis mikroskop dengan teknologi yang luar biasa. Jenis mikroskop terbaru yang diciptakan dengan menggunakan teknologi tingkat tinggi adalah mikroskop trinokuler (dengan tiga lensa) yang bisa disambungkan dengan perangkat Kamera bahkan juga Televisi. Fungsi mikroskop yang satu ini tentu selangkah lebih maju lagi. Dengan menggunakan mikroskop ini, kegiatan pengamatan terhadap sebuah objek tak lagi terpaku pada satu peneliti. Dengan tersambungnya mikroskop pada TV dan perangkat visual lainnya, maka dalam satu kali tampilan, preparat atau objek yang sedang diteliti tersebut bisa diamati banyak mata dengan kualitas gambar yang tetap terjaga.

Previous
Next Post »

WARNING..!! Etika BERKOMENTAR di Blog all's well :

a. Gunakanlah Perkataan yang Baik, Ramah dan Sopan
b. Komentar SPAM akan all's well HAPUS setelah direview
c. Komentar NEGATIF & RASIS akan Segera di HAPUS
d. Dilarang Menambahkan "LINK AKTIF" dalam Komentar

Note: "ANDA SOPAN KAMI PUN SEGAN" (all's well) ConversionConversion EmoticonEmoticon

Our Gallery