Wooww..!! Ternyata Lembaga Asing Juga Memanfaatkan Dapodik Lhoo..

Print Friendly and PDF

slogan dapodik

Malang (Dikdas): Beberapa lembaga donor asing seperti AUSAID, USAID, World Bank, dan Asian Development Bank menggunakan Data Pokok Pendidikan untuk berbagai analisis guna menunjang program-program yang mereka jalankan. Program-program itu di antaranya pemetaan dan penataan guru.
“Semua sudah mengacu ke Dapodik. Tidak ada data lain sekaya data Dapodik,” ungkap Supriyatno di Malang, Jawa Timur, Selasa, 15 April 2014.
Pemanfaatan Dapodik, tambahnya, bukanlah monopoli Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan semata. Ia juga dapat dimanfaatkan oleh Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota dalam menunjang berbagai perencanaan dan program pendidikan di daerah masing-masing. Agar lebih mudah dimanfaatkan, aku Supriyatno, tengah dikembangkan berbagai aplikasi yang memanfaatkan data dalam Dapodik.
“Tidak perlu meminta-minta data ke kabupaten/kota. Kami akan sampaikan replikasi servernya yang mampu menampung data Dapodik,” ucapnya. “Data Dapodik isinya jutaan record.” Aplikasi tersebut nantinya dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan.
Menurut Supriyatno, Dapodik merupakan sistem yang sangat rumit dan kompleks dibandingkan dengan sistem pendataan lain di Indonesia, termasuk e-KTP. Sistem yang digunakan e-KTP lebih sederhana dibanding Dapodik lantaran datanya tidak bersifat relasional.
“Sementara Dapodik ada data relasional yang mengaitkan tiga entitas pokok pendidikan yaitu data pendidik dan tenaga kependidikan, satuan pendidikan, dan peserta didiknya,” tegasnya.* (Billy Antoro)
Previous
Next Post »

WARNING..!! Etika BERKOMENTAR di Blog all's well :

a. Gunakanlah Perkataan yang Baik, Ramah dan Sopan
b. Komentar SPAM akan all's well HAPUS setelah direview
c. Komentar NEGATIF & RASIS akan Segera di HAPUS
d. Dilarang Menambahkan "LINK AKTIF" dalam Komentar

Note: "ANDA SOPAN KAMI PUN SEGAN" (all's well) ConversionConversion EmoticonEmoticon

Our Gallery