Soal UN Memuat Tokoh Politisi Masih Diinvestigasi

Print Friendly and PDF

Siswi menjalani UN
Malang (Dikdas): Ujian Nasional (UN) siswa SMA/MA yang digelar pada Senin, 14 April 2014, membuat gusar sejumlah kalangan. Sebab, pada lembar soal mata pelajaran Bahasa Indonesia jurusan IPS, tercantum pertanyaan terkait tokoh politisi yang kini tengah menjadi calon presiden dari sebuah partai politik.
Soal itu tertera pada halaman 7 pertanyaan nomor 13 dan 14. Dua soal itu merupakan butir pertanyaan terhadap sebuah narasi yang memuat profil dan kiprah positif sang politisi.
Hamid Muhammad, Ph.D., Direktur Jenderal Pendidikan Dasar, mengaku heran bagaimana bisa pertanyaan semacam itu tercantum dalam lembar soal UN. Ini membuatnya agak geram.
“Padahal di dalam kisi-kisinya sudah jelas tidak boleh ada kata-kata yang mengarah ke masalah politik,” ucapnya di sela kunjungan ke sejumlah sekolah memantau berlangsungnya UN di Kota Malang, Jawa Timur, Selasa pagi, 15 april 2014.
Hamid mengatakan persoalan ini masih diinvestigasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Investigasi untuk mengetahui pihak mana yang memasukkan pertanyaan yang membuat berang banyak kalangan.
“Karena yang menulis gabungan dari akademisi, guru, dan praktisi,” ujarnya.* (Billy Antoro)
Previous
Next Post »

WARNING..!! Etika BERKOMENTAR di Blog all's well :

a. Gunakanlah Perkataan yang Baik, Ramah dan Sopan
b. Komentar SPAM akan all's well HAPUS setelah direview
c. Komentar NEGATIF & RASIS akan Segera di HAPUS
d. Dilarang Menambahkan "LINK AKTIF" dalam Komentar

Note: "ANDA SOPAN KAMI PUN SEGAN" (all's well) ConversionConversion EmoticonEmoticon

Our Gallery