Kemdikbud: Kurikulum 2013 Prioritaskan Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan

Print Friendly and PDF

6

Jakarta (Dikdas): Ada empat nilai yang hendak dibentuk Kurikulum 2013 terhadap peserta didik, yaitu produktif, inovatif, kreatif, dan afektif. Untuk mencapainya, diperlukan penguatan kompetensi kepada mereka yakni sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
“Tidak hanya anak punya pengetahuan. Dengan pengetahuan, dia akan mendapatkan keterampilan. Dengan pengetahuan dan keterampilan, dia akan mempunyai sikap,” kata Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan Prof. Dr. Musliar Kasim, M.S di Jakarta, Kamis, 10 April 2014.
Tiga kompetensi tersebut diberikan langsung melalui mata pelajaran yang dikenyam siswa. Suatu hal yang berbeda dibandingkan dengan kurikulum sebelumnya yang mengutamakan unsur kognitif.
Menurut Musliar, Kurikulum 2013 menjawab kritik sejumlah kalangan yang mengatakan mata pelajaran terjebak dikotomi pembentukan sikap, pengetahuan, dan keterampilan dalam diri siswa. Mata pelajaran yang membentuk sikap, misalnya, hanya agama dan Pendidikan Pencasila dan Kewarganegaraan saja.
Kini, semua mata pelajaran membentuk sikap, pengetahuan, dan keterampilan siswa. Mata pelajaran didesain sedemikian rupa sehingga ketiga kompetensi tersebut terintegrasi dalam sebuah pembelajaran.
“Sekarang, apapun mata pelajarannya, harus membentuk sikap. Jangan dikira matematika hanya hitung-hitungan saja, tetapi harus memahami sikap misalnya jujur, teratur, dan lain-lain,”ungkap Musliar.
Musliar bersyukur Kurikulum 2013 disukai guru dan siswa. Antusiasme itu tampak tiap ia berkunjung ke suatu daerah.* (Billy Antoro)
Previous
Next Post »

WARNING..!! Etika BERKOMENTAR di Blog all's well :

a. Gunakanlah Perkataan yang Baik, Ramah dan Sopan
b. Komentar SPAM akan all's well HAPUS setelah direview
c. Komentar NEGATIF & RASIS akan Segera di HAPUS
d. Dilarang Menambahkan "LINK AKTIF" dalam Komentar

Note: "ANDA SOPAN KAMI PUN SEGAN" (all's well) ConversionConversion EmoticonEmoticon

Our Gallery