Tanya Jawab Seputar Aplikasi Dapodikdas 2013 Versi Terbaru (V. 2.0.3) & Solusi Terbaru

Print Friendly and PDF

Mengingat banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang sangat kompleks seputar aplikasi Dapodikdas 2013/2014 ini dari rekan-rekan OPS tak terkecuali saya. Hal inilah yang menginspirasi saya untuk me-repost solusi-solusi mengenai aplikasi Dapodikdas 2013 versi 2.0.3 dari “kiriman yang disematkan” pada Grup Info Pendataan Dikdas (31/10/2013). 

Artikel ini telah dilakukan pengeditan penulisan dari asalnya, hanya pada bagian-bagian tertentu oleh Admin yang bertujuan untuk lebih memperjelas esensi tanya-jawab terkait aplikasi Dapodikdas 2013/2014 bagi seluruh pengunjung blog ini. Berikut tanya-jawab tentang aplikasi Dapodikdas 2013/2014 khususnya terkait versi terbaru aplikasi Dapodikdas V. 2.0.3 :
1.         Tanya   :
Bagaimana step by step registrasi?
Jawab  :
1.      buat folder di "C:\" dengan nama "prefill_dapodik"
2.      unduh prefill di http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id
3.      simpan hasil prefill tsb pada folder "prefill_dapodik"
4.      silakan registrasi seperti biasa
2.         Tanya   :
Kenapa sudah install patch V. 2.0.3, aplikasi masih expired?
Jawab  :
Logout pada aplikasi, untuk memastikan silakan clear chache dan history pada browser. Dan pastikan install patch berhasil dilakukan.
3.         Tanya   :
Ini kemarin Pak saat habis instal patch terbaru … pas mau edit JJM pada tab Pembelajaran tidak bisa, yang tadinya di versi sebelumnya PJOK bisa di tambah kemarin mentok cuma 2.
Jawab  :
Pada v.2.0.3 sesuai kesepakatan bahwa utk JJM yang diinputkan dibatasi sesuai referensi yang telah diberikan oleh PDSP. Ini untuk mengantisipasi JJM berlebihan.
4.         Tanya   :            
Saya sudah sinkronisasi, dan berhasil, tapi data pada progress pengiriman tidak berubah, dan tidak ada perubahan lokal sehingga Peserta Didik dan PTK baru tidak bisa dipindahkan ke tabel utama! Kira-kira permasalahan itu pada apa pa?
Jawab  :
Untuk penambahan PD Baru dan PTK Baru memang belum bisa Pak. jika sudah pasti pada sinkronisasi berikutnya akan terisi otomatis.
5.         Tanya   :
Waktu Sinkronisasi : 1 menit Gagal Sinkronisasi karena Constraint Failed solusinya apa?
Jawab  :
Ini, masih di cek oleh team Pak. Mohon kesabarannya untuk mendapatkan solusinya.
6.         Tanya   :
Saya terkendala dalam entry nomor surat tugas Mas. Di sini hanya bisa untuk 20 digit, sedangkan nomor surat tugas itu lebih dari 20 Digit Mas. Gimana Solusinya Mas?
Jawab  :
Untuk "titik", "garis miring" dihilangkan saja pak. sehingga cukup. untuk update berikutnya nanti sudah diperpanjangan ukuran fieldnya.
7.         Tanya   :
Bug. Anggota rombel lewat aplikasi Ok, tapi di hasil konversi ke absen ada siswa nyasar di rombel lain, padahal lewat aplikasi rombel sudah sesuai.
Jawab  :
Iya Pak, untuk cetak Excel pada profil dan absensi sudah kami perbaiki. mungkin update selanjutnya sudah benar.
8.         Tanya   :
Untuk yg sudah terinstall versi 2.0.2 klo menambahkan patch 2.0.3 apakah disimpan di folder Dapodikdas atau di prefill Dapodik?
Jawab  :
Untuk tempat unduhannya terserah Bapak/Ibu. Namun pastikan destination install directory tepat pada directory aplikasi berada saat ini.
9.         Tanya   :
Pak kok sampe sekarang saya belum dapat kode registrasinya?
Jawab  :
Silakan tanyakan ke dinas kabkota. namun jika dari dinas bahwa kode registrasi belum ada. silakan untuk dinas kirim sekolah2 yg belum ada kode registrasinya ke email koderegistrasi@gmail.com. Dan jangan lupa cantumkan maksud dan tujuan. dan mungkin ini akan membutuhkan waktu. Karena kita juga harus ngecek ke data PDSP (Pusat Data dan Statistik Pendidikan).
10.       Tanya   :
Masih ada duplikasi data di luar kendali baik pada PD maupun pembelajaran yang sulit dihapus. Ada yang terotomatisasi semua PD jadi berkebutuhan khusus netra.
Jawab  :
Ini dikarenakan bug pada aplikasi versi sebelumnya Pak. sebelumnya kami mohon maaf. Silakan benarkan datanya kembali. Jadi untuk sekarang jika tidak mempunyai kebutuhan khusus dikosongkan saja pak. Terima kasih.
11.       Tanya   :
Untuk dapatkan patch v.2.0.3 di mana Pak?
Jawab :
12.       Tanya   :
Untuk JJM yang dientrykan di SD dan di SMP apakah ada petunjuknya dari jumlah jam perbidang study ngak Mas? Misal Guru Kelas 1 - 6 berapa jam, Agama dan Penjaskesnya.
Jawab  :
Oke pak nanti akan kami upload untuk maksimal JJM sesuai referensi dari PDSP. Jika sudah ada nanti akan kami upload dan umukan pada group ini.
13.       Tanya   :
Di tab Rombel, pada pembelajaran PTK, saya terlanjur menambah mata pelajaran wajib (Guru Kelas SD), pas mau dihapus kok tidak bisa, mohon solusinya.
Jawab  :
Iya Pak untuk Matpel Wajib tidak bisa dihapus (karena itu sudah sesuai kurikulum yang dipilih). Namun jika salah memilih PTK, tinggal diedit saja pak tidak usah dihapus.
14.       Tanya   :
Saya Operator SD, untuk peserta didik yang sudah lulus, kita registrasi keluar. Yang saya tanyakan sebelumnya perlu tidak dituliskan dulu Nomor SKHUN (nomor peserta ujian SD)?
Jawab  :
Pada aplikasi v.2.0.2 ke atas semua PD dan PTK yang sudah keluar tidak masuk validasi Pak. Silakan update versi aplikasi jika masih tervalidasi.
15.       Tanya   :
Saya udah ngentri datanya sudah hampir 90% tapi tiba-tiba muncul tampilan Objek Tidak ditemukan. Bagaimana solusinya agar tidak mengentri dari awal?
Jawab:
Silakan "Run", services.msc. kemudian cari service dengan nama DapodikdasDB. silakan klik start.
16.       Tanya   :
Yang duplikasi di pembelajaran gimana? Mapel tidak bisa dihapus jadi ganda, JJM guru jadi 2 x lipat, cuma bisa diedit jamnya saja.
Jawab:
PTK juga bisa di update Pak.
17.       Tanya   :
Pak kenapa pada jam mengajar tidak bisa 4 jam pembelajaran?
Jawab  :
Itu sudah sesuai referensi yg diberikan PDSP Pak, jadi maksimalnya memang segitu.
18.       Tanya   :
Pada database bawaan setelah install dan login, ternyata PTK Kepala Sekolah tidak ada, padahal di aplikasi 2012 Kepsek ada, lalu saya tambah ptk baru. sudah saya lakukan sinkronisasi satu kali dan berhasil. Pertanyaanya: Apakah saya tinggal menunggu PTK Kepsek masuk tabel? kapan saya harus sinkronisasi ulang?
Jawab  :
Iya Pak, tunggu saja. Memang untuk penambahan PTK Baru dan PD Baru masih belum bisa dilakukan.
19.       Tanya   : Pak mau tanya, kenapa data SDN……….. datanya hilang di Dapodik pusat padahal belum pernah sinkronisasi?
Jawab  :
Silakan hubungi Dinas Pendidikan Kab/Kota. Nanti pihak dinas yang akan mengurus dan mengajukan ke pusat
20.       Tanya   :
Maaf pak, kalau PTK tersebut sudah Sertifikasi, otomatis PTK harus cukup jam saat melaporkan Dapodik, nah jika yang sertifikasi KaSek, maka otomatis sudah punya 18 jam , masih kurang 6 jam untuk sarat sertifikasi, PTK tersebut tercatat jam tambahan sertifikasi mengajar PKn di kelas 4, 5, 6. Kendalanya dalam Rombel > Pembelajaran kan tidak ada PKn, bagaimana supaya jam tambahannya pas/cukup dalam laporan Dapodik?
Jawab  :
Ada pak, silakan gunakan tombol Tambah.
21.       Tanya   :
Pengisian di v.2.0.3 pada menu Registrasi Siswa, Jenis Pendaftarannya hanya ada "Siswa Baru" dan "Pindahan", Apa yang harus diisi untuk Siswa-siswa yang sudah lulus dan Keluar, bukankah itu seharusnya hasil registrasi di semester kemarin.
Jawab  :
Isikan sesuai ketika PD tersebut masuk ke sekolah tersebut apa (siswa baru/pindahan) meskipun dia sudah keluar. untuk history bahwa PD tersebut pernah masuk dengan terdaftar sebagai apa.
22.       Tanya   :
Setelah upgrade V. 2.0.3 ketika masuk di bagian PD ketika registrasi tidak bisa masukkan angka 3 untuk naik kelas pada jenis pendaftaran (sepertinya untuk angka yang lain juga tidak bisa).
Jawab  :
Untuk registrasi memang hanya ada statusnya Pak. (Siswa baru dan pindahan). Untuk naik kelas silakan isikan pada anggota Rombel,
23.       Tanya   :
Saya kok tidak bisa sinkronisasi lewat V. 2.0.3 ya?
Jawab  :
Kami sarankan untuk sinkronisasi offline saja Pak. jika jam jam segini, server padat pengunjung.. :)
24.       Tanya   :
Kenapa tidak ada download Excel Peserta Didik/Ptk, agar mudah mengambil data peserta didik dan PTK digunakan untuk keperluan lain?
Jawab  :
Sedang dalam pengembangan Pak.
25.       Tanya   :
Apakah perlu pada isian PD selain data Ayah dan ibu ....untuk wali juga diisi .... masalahnya kalau tahun lahir tidak diisi (angka 0 dihilangkan) setelah ditutup lalu dibuka kembali kolom tersebut warna merah lagi, sedangkan untuk PD Pindahan kan bisa masuk tabel utama menunggu kolom berwarna merah itu hilang ....mohon pencerahannya.
Jawab  :
Jika memang tidak ada Wali, dikosongkan saja Pak, iya karena nilai default-nya 0. jadi silakan hapus saja. Mungkin pada update versi berikutnya akan kami perbaharui.
Semoga bermanfaat bagi rekan-rekan OPS semuanya, terimakasih. Share Dadangjsn
Previous
Next Post »

33 komentar

Click here for komentar
Unknown
admin
8 November 2013 at 19:02 ×

mau tanya mas brow...di kolom rombongan belajar dan menuju kolom kenaikan kelas tidak ada satupun yang muncul...yang saya tanyakan bagaimana memunculkan kelas di kolom kenaikan kelas tersebut...thank's maturnuwun mas brow....

Reply
avatar
9 November 2013 at 11:27 × This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
9 November 2013 at 11:32 ×

morning,,,
data peserta didik yang dari tahun lalu saya lihat di versi sekarang ada yang berubah jai lanjutan semester , saya registrasi pilihannya hanya ada dua yaitu siswa baru dan pindahan, kebetulan skolah saya tidak ada pindahan, jika lanjutan semester itu saya rubah jadi siswa baru apakah brmasalah nantinya?/??
kalo bermasalah bagaimana cara memperbaikinya..
makasih

Reply
avatar
Unknown
admin
9 November 2013 at 13:11 ×

pak tanya bagaimana dengan siswa yang sudah lulus, pada registrasi jenis pendaftarannya apa karena cuma ada 2 pilihan yaitu siswa baru dan pindahan yang mana yang harus dipilih karena tidak ada pilihan.

Reply
avatar
11 November 2013 at 10:03 ×

kenapa waktu sayA sinkronisasi, DATA YANG ANDA KIRIM TIDAK ADA apa kendalanya ini pak, saya sinkronisasi pake v.2.0.3

Reply
avatar
Unknown
admin
11 November 2013 at 11:42 ×

Mau tanya pak, bagaimana caranya agar bisa mensinkronisasi sedangkan msih ada data yg belum valid d'karenakan ada kendala pada pengisian PTK baru suhingga rombel siswa belum bsa terisi?

Reply
avatar
Unknown
admin
11 November 2013 at 15:52 ×

maaf... saat sinkronisasi offline aplikasi menentukan data tidak ditemukan.. Mohon Pencerahannya, Terkait masalah data Siswa maupun PTK tambahan/baru.... memindahkan ke TABEL UTAMA, yang mana selalu muncul (Mohon pilih data gagal ditemukan di server (ditandai merah)... Cz untuk VALIDASI sudah Ditemukan data Invalid berjumlah 0 baris... and bagaimana cara mengatasi Containt Failed pada saat melakukan Sinkronisasi.... Thanks

Reply
avatar
Anonymous
admin
12 November 2013 at 01:59 ×

Sinkronisasi telah selesai dilakukan.
Data telah ter Up-To-Date ( 12 Nov 2013 )
Waktu Sinkronisasi : 6 detik
Gagal Sinkronisasi karena Constraint Failed
hali sudah 2 hari saya coba tapi hasilnya tetap spt itu, gimana dong ?

Reply
avatar
rusmalinda oktaziza
admin
12 November 2013 at 09:21 ×

pak saya opr. SMP, data anak sudah saya masukkan bahkan berulang-ulang kali tapi tetap saja tidak terbaca sama aplikasi.misal sebelum saya mengisi data rinci anak tersebut jumlah invalidnya 135 setelah saya isi jumlahnya tetap 135. mohon solusinya pak

Reply
avatar
Anonymous
admin
12 November 2013 at 18:32 ×

Mohon infonya pak, pada data rinci PTK bagian Kesejahteraan untuk Askes dan Taspen masuk dalam pilihan apa pak?

Reply
avatar
amalia
admin
13 November 2013 at 09:22 ×

nomor surat tugas yang dimasukan pada penugasan, nomor surat tugas yang mana..

Reply
avatar
Unknown
admin
13 November 2013 at 12:56 ×

dimana melihat hasil perubahan data setelah kita sinkronisasi ke server

Reply
avatar
Unknown
admin
14 November 2013 at 09:50 ×

kalau sync keterangan
Gagal Sinkronisasi karena Constraint Failed
gimana kang solusi nya

Reply
avatar
Unknown
admin
14 November 2013 at 10:03 ×

DAPODIKDAS 2013 SANGAT RUMIT DAN TERLALU DETAIL,, BERSYUKURLAH BAGI OPS YANG DIPERHATIKAN OLEH KEPSEKNYA

Reply
avatar
edi
admin
16 November 2013 at 11:07 ×

kenapa sih ane gak bisa sinkron dapodiknya..
slalu muncul cek koneksi,padahal koneksi modem yang digunakan sudah stabill..
mohon infonya

Reply
avatar
Taufik
admin
17 November 2013 at 20:49 ×

Bagaimana mengatasi sinkronisasi constraint failed mohon pencerahannya dong pak admin.udah mau pecah ne kepala .....???

Reply
avatar
Unknown
admin
18 November 2013 at 12:30 ×

Pa saya ops sd pekerjaan saya sudah hampir selesai tinggal 1 ptk baru belum keluar pa yang saya tanyakan dalam pengisian pembelajaran guru kelas tdk bisa di isi 24 jam padahal sebelum-sebelumnya bisa gmana ya pa ?

Reply
avatar
20 November 2013 at 08:55 ×

bagaimana cara registrasi, jika prefil d dapodikdas berlogo kunci dan gembok??
saya kesulitan untuk registrasi,,mohon bantuannya
trima kasih

Reply
avatar
Unknown
admin
22 November 2013 at 00:57 ×

sayah ingin bertanya .,.,?
kenapah disaat pencetakan axcel data jumlah peserta didik tidak sesuai dengan yang ada di Dapodikdas

Reply
avatar
Pujika
admin
26 November 2013 at 11:59 ×

saya sdh melakukan sinkronisasi, tp saya baru menyadari bahwa pada rombel saya keliru memasukan wali kelasnya,, apakah masih bisa diperbaiki dan bisa sinkronisasi ulang ??

Reply
avatar
Anonymous
admin
26 November 2013 at 17:59 ×

MAU NANYA MAS BRO.....
Kenapa sih aplikasi dapodik saya baru di install ga bia dibuka pada OS XP, apa ada yang kurang prefill udah ada, tapi pada saat dibuka malah "TRY AGAIN" apa ada yang gagal, mohonpencerahannya Mas Bro....

Reply
avatar
27 November 2013 at 00:00 ×

mau nanya mas bro, apakah data siswa yang belum diubah, dan sudah di sinkronisasikan, masih bisa diubah, dan mengubahnya melalui offline atau online? mohon bantuannya mas bro

Reply
avatar
Anonymous
admin
27 November 2013 at 23:57 ×

Mau tanyak,sy sudah ngisi JJm di matpel wajib utk agama kelas 1 yaitu 3jam padahal 2 jam.setelah saya edit ko g berubah malah dihapus g bisa.kemudian sy mau mengisi JJM guru kelas tambah g bisa lagi "jangan mengisi melebihi dari 3 angka",itu peringatannya.Apa karena saya mengisi Kolom agama dulu jadi tidak bisa diedit utuk guru kelas?mohon petunjuk

Reply
avatar
Saiful
admin
1 December 2013 at 00:14 ×

data saya hampir selesai akan tetapi ada 2 nama siswa yang belum valid padahal nama itu tidak ada di sekolah saya giman cara menghilangkannya

Reply
avatar
1 December 2013 at 12:31 ×

mw tanya pak saya udah install dapodikas terbaru versi 2.0.4 tetapi waktu saya login katanya berhasil akan tetapi knapa ptdk ada muncul tampilan dapoik itu pak ????













/

Reply
avatar
2 December 2013 at 00:35 ×

pak, apa dampak dari melakukan sinkron secaara 2 kali ???

Reply
avatar
2 December 2013 at 00:48 ×

Mau tanya nih Kang, Kenapa jumlah PTK yang terdaftar dua kali lipat???
apa kah ini akibat dari melakukan sinkron secara berulang ulang (Saya melakukan hanya 2 kali). mohon pencerahannya Kang !!!!!!

Reply
avatar
2 December 2013 at 09:12 ×

Bang, kenapa aplikasi dapodikdas yang di update patch 2.0.4 tidak bisa lagi terbuka hanya tertulis wait ..... Apakah patch 2.0.4 terbaru hanya untuk dapodikdas SD? bagaimana dengan SMP?

Reply
avatar
4 December 2013 at 06:59 ×

TANYA : SINKRONISASI DAPODIK 2013 SUDAH BERHASIL NAMUN KENAPA WAKTU SELESAI SINKRONISASINYA TIDAK MUNCUL PADA TABEL SINKRONISASI?

Reply
avatar
Unknown
admin
10 December 2013 at 21:40 ×

knp pak sudah berkali kali sinkron ko; g pernah berhasil.mohon bantuannya

Reply
avatar
ansud'site
admin
11 December 2013 at 05:40 ×

Buat sobat yg mengeluhkan sinkronisasi, Hal tersebut terjadi dikarenakan server DAPODIK dalam perbaikan. hampir rata2 OPS mengalami hal ini, jadi tetap mencoba gan. oke thnks all tas visitnya.

Reply
avatar
Unknown
admin
16 December 2013 at 11:07 ×

Pagi Pak!
Saya OPS SMP. Saya mau nanya soal PD Baru kok nggak bisa pindah ke tabel utama padahal Valisasi sudah 0 baris dan selalu muncul "mohon pilih data gagal di server ( ditandai warna merah )"Mohon penjelasannya.Aku jadi bingung mengerjakannya. Tolong ya pak!!!!!!!!!!!!!!!!

Reply
avatar
Anonymous
admin
16 December 2013 at 13:20 ×

Iya sama Sy juga mengalami hal serupa tlong infox trims

Reply
avatar

WARNING..!! Etika BERKOMENTAR di Blog all's well :

a. Gunakanlah Perkataan yang Baik, Ramah dan Sopan
b. Komentar SPAM akan all's well HAPUS setelah direview
c. Komentar NEGATIF & RASIS akan Segera di HAPUS
d. Dilarang Menambahkan "LINK AKTIF" dalam Komentar

Note: "ANDA SOPAN KAMI PUN SEGAN" (all's well) ConversionConversion EmoticonEmoticon

Our Gallery