Apa Itu Penyakit Fibromyalgia, Penyebabnya, dan Cara Penyembuhannya

Print Friendly and PDF

Definisi Fibromyalgia

Fibromyalgia adalah kondisi kronis yang menyebabkan nyeri, kekakuan, dan kepekaan dari otot-otot, tendon-tendon, dan sendi-sendi. Fibromyalgia juga dikarakteristikan oleh tidur yang gelisah, bangun dengan perasaan lelah, kelelahan, ketakutan, depresi, dan gangguan-gangguan dalam fungsi usus. Fibromyalgia dahulunya dikenal sebagai fibrositis.
Sementara fibromyalgia adalah salah satu dari penyakit-penyakit yang paling umum yang mempengaruhi otot-otot, penyebabnya saat ini tidak diketahui. Jaringan-jaringan terlibat yang menyakitkan tidak disertai oleh peradangan jaringan. Oleh karenanya, meskipun nyeri tubuh yang berpotensi melumpuhkan, pasien-pasien dengan fibromyalgia tidak mengembangkan kerusakan atau kelainan bentuk tubuh. Fibromyalgia juga tidak menyebabkan kerusakan pada organ-organ internal tubuh. Oleh karenanya, fibromyalgia adalah berbeda dari banyak kondisi-kondisi rematik lain (seperti rheumatoid arthritis, systemic lupus, dan polymyositis). Pada penyakit-penyakit itu, peradangan jaringan adalah penyebab utama dari nyeri, kekakuan, dan kepekaan dari sendi-sendi, tendon-tendon dan otot-otot, dan itu dapat menjurus pada kelainan bentuk sendi dan kerusakan pada organ-organ internal atau otot-otot.

Penyebab Fibromyalgia

Penyebab dari fibromyalgia tidak diketahui. Pasien-pasien mengalami nyeri dalam respon pada stimulan yang normalnya tidak dirasakan sebagai menyakitkan. Peneliti-peneliti telah menemukan tingkat-tingkat yang meninggi dari sinyal kimia syaraf, yang disebut senyawa P, dan faktor pertumbuhan syaraf dalam cairan spinal dari pasien-pasien fibromyalgia. Kimia serotonin syaraf otak juga adalah relatif rendah pada pasien-pasien dengan fibromyalgia. Studi-studi nyeri pada fibromyalgia telah menyarankan bahwa sistim syaraf pusat (otak) mungkin bagaimanapun juga adalah supersensitif. Ilmuwan-ilmuwan mencatat bahwa tampaknya ada gangguan yang tersebar dari persepsi nyeri pada pasien-pasien dengan fibromyalgia.
Juga, pasien-pasien dengan fibromyalgia mempunyai fase tidur non-Rapid-Eye-Movement, non-REM, yang terganggu yang mungkin menjelaskan ciri umum dari bangun kelelehan dan tidak segar pada pasien-pasien ini. Timbulnya fibromyalgia telah dihubungkan dengan keadaan psikologis yang menyusahkan, trauma, dan infeksi.

Fibromyalgia Mempengaruhi Siapa ?

Fibromyalgia mempengaryhi sebagian besar wanita-wanita (lebih dari 80%) antara umur 35 dan 55 tahun. Jarang, fibromyalgia dapat juga mempengaruhi pria-pria, anak-anak, dan kaum tua. Ia dapat terjadi dengan bebas atau dapat dihubungkan dengan penyakit lain, seperti systemic lupus atau rheumatoid arthritis. Kelaziman dari fibromyalgia bervariasi di negara-negara yang berbeda. Di Swedia dan Inggris, 1% dari populasi dipengaruhi oleh fibromyalgia. Di Amerika, kira-kira 2% dari populasi mempunyai fibromyalgia. 

Sembuhkan Penyakit Fibromyalgia dengan Cara Ini!

Bila Anda sudah terdiagnosa penyakit ini, maka sangat dianjurkan untuk menjalani proses penyembuhan ini. Berikut tips sederhana yang dapat dibagikan dari situs Webmd.com:

 Jauhkan Stress. Stress merupakan salah satu pemicu fibromyalgia. Jadi bila tidak ingin terserang penyakit aneh ini, maka hindari diri dari stress dengan meningkatkan kualitas hidup. Anda dapat melakukan beberapa latihan seperti yoga, tidur dan bermeditasi. Dengan merelaksasikan pikiran dengan menarik nafas panjang dan perlahan juga sangta membantu. Selain olahraga, Anda juga dapat menghilangkan stress dengan mengerjakan kegiatan yang menyenangkan dan menarik minat Anda.

Buat Catatan Kecil. Jika penyakit ini sudah menyerang ingatan Anda sehingga mengurangi kemampuan memori untuk mengingat, maka gunakanlah catatan kecil yang berisi segala aktifitas yang harus Anda kerjakan. Tips ini membantu Anda dari kebiasaan lupa yang menyerang akibat dampak penyakit ini.

Ambil Waktu "Me Time". Tips berikut ini snagat dianjurkan sebab Anda perlu memberi waktu luang bagi diri Anda sendiri sebagai solusi penyembuhan fibromyalgia yang Anda derita. Terjunlah kedalam hobi yang Anda gemari seperti mendengarkan musik, beristirahat dan menggeluti berbagai kegiatan seni yang dapat menyegarkan pikiran Anda.

Tingkatkan Kualitas Tidur. Jika Anda tidak mendapat cukup istirahat, maka rencanakanlah dihari luang Anda untuk menciptakan kenyamanan dalam tidur. Mungkin Anda butuh mengatur kembali berbagai hal seperti cahaya lampu, suhu ruangan, suasana dan kebersihan tempat tidur. Hal ini dapat meningkatkan kualitas tidur Anda.

Ikut Dalam Kelompok Diskusi. Sebuah kelompok yang dapat mendukung Anda untuk sembuh sangat berpengaruh dalam usaha Anda untuk sembuh secara total dari fibromyalgia. Anda dapat membagikan sejumlah permasalahan yang Anda alami. Mereka tentunya akan merespon dan memberi solusi yang pantas untuk permasalahan Anda. Di dalam kelompok itu, Anda dan kelompok dapat saling berbagi dan saling menguatkan.

Bila Anda ingin benar-benar sembuh dari belenggu penyakit yang satu ini, maka mulailah dengan tekat untuk sembuh, kemudian lakukan kebiasaan yang mendukung proses penyembuhan tersebut. Kesembuhan ada ditangan Anda, jadi tak ada alasan untuk menunda melakukan penyembuhan ini.

Share: jawaban.com & totalkesehatananda.com

Tips Kesehatan: 

Mengenal Risiko & Efek Fibromyalgia

Anda sering merasa lelah dan nyeri di seluruh tubuh?
Padahal Anda sudah melakukan pemeriksaan kesehatan berulang kali dan dokter tidak dapat menemukan sesuatu yang salah pada tubuh Anda.
Jika iya, mungkin Anda mengalami fibromyalgia.
Fibromyalgia adalah kondisi kronis yang ditandai dengan nyeri yang meluas pada ligamen otot dan tendon.
Fibromyalgia juga ditandai dengan kelelahan pada beberapa tempat di tubuh (multiple tender points), dimana jika diberi tekanan sedikit akan menyebabkan rasa sakit.
Di Amerika Serikat, sekitar 2 persen dari penduduknya mengalami fibromyalgia. Perempuan lebih sering terkena gangguan ini daripada laki-laki.
Risiko fibromyalgia juga akan meningkat seiring dengan meningkatnya usia. Gejala fibromyalgia biasanya muncul setelah mengalami trauma fisik atau emosional.
Akan tetapi banyak juga kasus fibromyalgia yang terjadi meskipun tidak ada peristiwa yang menjadi pemicunya.
Tanda dan gejala fibromyalgia dapat bervariasi, tergantung pada cuaca, stres, aktivitas fisik, atau waktu.
Luas Nyeri dan Tender Points
Rasa sakit yang terkait dengan fibromyalgia digambarkan sebagai nyeri yang konstan pada otot-otot tubuh.
Akan dianggap menyebar dan luas, jika rasa sakit terjadi pada kedua sisi tubuh serta di atas dan di bawah pinggang Anda.
Fibromyalgia juga ditandai dengan nyeri ketika area-area tertentu dari tubuh ditekan, yang disebut tender points. Lokasi tender points meliputi:
■ Belakang kepala
■ Di antara tulang belikat
■ Bahu bagian atas
■ Sisi leher bagian depan
■ Dada atas
■ Siku bagian luar
■ Pinggul bagian atas
■ Sisi pinggul
■ Lutut bagian dalam
Kelelahan dan Gangguan Tidur
Orang yang mengalami fibromyalgia sering bangun dalam kondisi yang masih lelah, meskipun mereka banyak tidur.
Para ahli meyakini bahwa banyak orang yang jarang mencapai tahap restoratif dalam tidur. Gangguan tidur juga dikaitkan dengan fibromyalgia termasuk restless legs syndrome dan sleep apnea.
Berikut adalah 10 kondisi yang mungkin muncul bersama fibromyalgia:
1. Sindrom kelelahan kronis
2. Depresi
3. Endometriosis
4. Sakit kepala
5. Irritable Bowel Syndrome (IBS)
6. Lupus
7. Osteoartritis
8. Post-traumatik stress disorder
9. Restless legs syndrome
10. Rheumatoid arthritis
Share: amazine.co

Previous
Next Post »

WARNING..!! Etika BERKOMENTAR di Blog all's well :

a. Gunakanlah Perkataan yang Baik, Ramah dan Sopan
b. Komentar SPAM akan all's well HAPUS setelah direview
c. Komentar NEGATIF & RASIS akan Segera di HAPUS
d. Dilarang Menambahkan "LINK AKTIF" dalam Komentar

Note: "ANDA SOPAN KAMI PUN SEGAN" (all's well) ConversionConversion EmoticonEmoticon

Our Gallery