Cara Dan Solusi Mengatasi Contrain Failed Saat Sinkronisasi / Synch Pada Aplikasi Dapodikdas 2013/2014

Print Friendly and PDF

Semakin kompleks saja tantangan-tantangan yang harus dipecahkan oleh kita semua, khususnya tim pengembang aplikasi dapodikdas 2013/2014. Memang secara umum, dibandingkan dengan Dapodik 2012, secara teknis lebih mudah daripada aplikasi Dapodikdas 2013 sekarang ini. Walaupun demikian, sebagai OPS kita memang perlu terus mencari sumber informasi yang dapat dipercaya tentang penanganan pada berbagai masalah-masalah yang ada saat ini.
Masalah terbaru terkait aplikasi Dapodikdas 2013 ini salah satunya munculnya konfirmasi sesaat setelah proses sinkronisasi pada aplikasi dapodikdas 2013/2014 dilakukan. Tentu tidak semua OPS yang mengalami masalah “Contrain Failed”, namun tidak sedikit pula yang mengalaminya (padahal dalam validasi, invalidnya “0” dan aplikasi Dapodikdas yang digunakan untuk sinkronisasi telah diupgrade ke versi 2.0.3).

Secara bahasa “Contrain Failed” merupakan adanya suatu kendala yang menyebabkan sebuah proses tidak dapat tuntas dilakukan (gagal), jika flash back ke Dapodik 2012 mungkin diantara teman-teman OPS ada yang mengalami hal yang hampir sama dengan “Contrain Failed” ini, pada aplikasi Dapodik 2012 saya sendiri pernah menemui permasahan yang kurang lebih sama seperti ini, saat itu, proses sinkronisasi data tidak ada dalam tab menu pada halaman utama, yang ada adalah “Kirim ke Server”.
Dan ketika saya lakukan proses “Kirim ke server” setelah divalidasi invalid “0” serta telah diclean up, tak seperti biasanya, pengiriman data berhenti pada indikator angka 100 % saja, padahal untuk ketuntasan pengiriman data waktu itu harus sampai ada konfirmasi “Selesai”. Diulang pada hari yang berbeda, bahkan dengan koneksi internet yang optimal.
Hingga akhirnya saya berspekulasi uninstall program aplikasi setelah “Backup Local”, lalu install aplikasi lagi, restore Db, dan harus memetakan ulang PTK serta Peserta Didik, 2 hari berikutnya, saya coba kembali “kirim ke server” dan alhamdulillah berhasil 100 % serta ada konfirmasi “Selesai”, tidak seperti yang sebelumnya, berhasil 100 %, namun konfirmasi “Selesai” tidak pernah muncul hingga saya cek di http://infopendataan.dikdas.kemdiknas.go.id memang data belum terkirim.
Begitu juga dengan konfirmasi Contrain Failed” (adany kendala yang menyebabkan proses sinkronisasi gagal), insya Allah… bagi rekan-rekan OPS yang sedang mengalami kendala ini akan segera mendapatkan solusinya, karena permasalahan terkait “Contrain Failed” versi 2.3.0 ini adalah salah satu “PR” yang sedang dalam proses penanganan masalahnya oleh tim Pengembang Dapodikdas 2013 khususnya oleh programmer-programmernya.
Jika ada di antara rekan-rekan OPS yang telah mengetahui solusi tentang masalah ini, silahkan dishare melaui blog ini, atau melalui Grup FB Info Pendataan Ditjen Dikdas. Insya Allah..., jika saya sudah mendapatkan solusi tentang permasalahan adanya konfirmasi "Contrain Failed" sesaat setelah proses sinkronisasi pada aplikasi Dapodikdas 2013 dilakukan, akan segera saya share melalui blog personal saya ini juga.
Bagi rekan-rekan OPS semuanya. Untuk mendapatkan informasi terupdate mengenai penanganan masalah “Contrain Failed” ini nantinya, silahkan bergabung pada Grup Info Pendataan Ditjen Dikdas.Share dadangjsn
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
16 November 2013 at 16:10 ×

masalah yang sama yang saya temui juga, sampai hari ini saya belum bisa sinkronisasi, kalau dihitung udah lebih 20x saya sinkronkan, bahkan pernah saya uninstal n instal lagi n jg saya ganti pengirinannya dgn mozilla firefoxtapi tetap sama, mohon kalau sudah ada solusinya kirimkan saya ke alamat (krodafrafensianus.nebula@gmail.com). trim's

Congrats bro kroda frafensianus you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

WARNING..!! Etika BERKOMENTAR di Blog all's well :

a. Gunakanlah Perkataan yang Baik, Ramah dan Sopan
b. Komentar SPAM akan all's well HAPUS setelah direview
c. Komentar NEGATIF & RASIS akan Segera di HAPUS
d. Dilarang Menambahkan "LINK AKTIF" dalam Komentar

Note: "ANDA SOPAN KAMI PUN SEGAN" (all's well) ConversionConversion EmoticonEmoticon

Our Gallery