MAKNA DAN ISI DARI LAMBANG/LOGO KEMENTERIAN AGAMA

Print Friendly and PDF
MAKNA ISI LAMBANG KEMENTERIAN AGAMA


1.  Bintang bersudut lima yang melambangkan sila Ketuhanan Yang Maha Esa dalam  Pancasila, bermakna bahwa karyawan Departemen Agama selalu    menaati dan   menjunjung   tinggi           norma-norma   agama          dalam melaksanakan  tugas  Pemerintahan  dalam  Negara  Republik  Indonesia yang berdasarkan Pancasila.

2. 17 kuntum bunga kapas, 8 baris tulisan dalam Kitab Suci dan 45 butir padi bermakna  Proklamasi Kemerdekaan republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, menunjukkan kebulatan tekad para Karyawan Departemen Agama untuk membela Kemerdekaan
Negara  Kesatuan republik Indonesia yang diproklamirkan pada tanggal 17 Agustus 1945.

3.  Butiran  Padi  dan  Kapas  yang  melingkar berbentuk bulatan  bermakna bahwa  Karyawan  Departemen  mengemban  tugas  untuk  mewujudkan masyarakat yang sejahtera, adil, makmur dan merata.

4.  Kitab Suci bermakna sebagai pedoman hidup dan kehidupan yang serasi antara  kebahagiaan duniawi  dan  ukhrawi, materil dan  spirituil dengan ridha Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa.

5.  Alas Kitab Suci bermakna bahwa pedoman hidup dan kehidupan harus ditempatkan   pada  proporsi  yang  sebenarnya  sesuai  dengan  potensi dinamis dari Kitab Suci.

6.  Kalimat Ikhlas Beramal bermakna bahwa Karyawan Departemen Agama dalam   mengabdi  kepada  masyarakat  dan  Negara  berlandaskan  niat beribadah dengan tulus dan ikhlas.

7.  Perisai  yang   berbentuk segi  lima   sama   sisi  dimaksudkan   bahwa kerukunan hidup antar umat beragama RI yang berdasarkan Pancasila dilindungi sepenuhnya sesuai dengan Undang-Undang Dasar 1945.

8.  Kelengkapan  makna lambang Departemen Agama  melukiskan motto : Dengan  Iman  yang  teguh  dan  hati  yang  suci  serta  menghayati  dan mengamalkan Pancasila yang  merupakan tuntutan dan pegangan hidup dalam kehidupan bermasyarakat dan  bernegara, karyawan Departemen Agama bertekad bahwa mengabdi kepada Negara adalah ibadah.
Previous
Next Post »

WARNING..!! Etika BERKOMENTAR di Blog all's well :

a. Gunakanlah Perkataan yang Baik, Ramah dan Sopan
b. Komentar SPAM akan all's well HAPUS setelah direview
c. Komentar NEGATIF & RASIS akan Segera di HAPUS
d. Dilarang Menambahkan "LINK AKTIF" dalam Komentar

Note: "ANDA SOPAN KAMI PUN SEGAN" (all's well) ConversionConversion EmoticonEmoticon

Our Gallery