Materi IPA Kelas 5 Semester 1 Tentang Organ Pernafasan Manusia dan Hewan dan Alat Pencernaan

Print Friendly and PDF



A. Alat Pernapasan pada Manusia dan Hewan

Bernapas merupakan proses pengambilan oksigen (O2) dari udara bebas dan pengeluaran karbondioksida (CO2) serta uap air (H2O).

1. Alat Pernapasan pada Manusia
Alat-alat pernapasan pada manusia terdiri dari rongga hidung, pangkal tenggorok, tenggorok (trakea), dan paru-paru. Proses pernapasan pada manusia dari rongga hidung, udara masuk ke tenggorokan yang memiliki fungsi sebagai tempat lewatnya udara pernapasan. Masuk dan keluarnya udara pernapasan yang disebabkan oleh naik dan turunnya tulang rusuk disebut pernapasan dada. Sedangkan masuk dan keluarnya udara pernapasan karena mendatar dan melengkungnya diafragma disebut pernapasan perut. Berikut gambar proses pernafasan manusia :
Penjelasan singkat:
Paru-paru berfungsi sebagai alat pernapasan. Paru-paru terbungkus oleh selaput tipis dan licin yang disebut pleura. Selaput licin memungkinkan paru-paru dapat bergerak pada waktu kita bernafas, tanpa menimbulkan kerusakan kedua paru-paru itu.
  • Semua sel tubuh kita membutuhkan oksigen untuk hidup dan tumbuh.
  • Oksigen diperoleh dari udara pada waktu bernapas
  • Oksigen dari udara dipindahkan ke dalam darah dan diangkut ke seluruh tubuh
  • Gas yang dihasilkan oleh mahluk hidup adalah karbondioaksida sebagai sisa metabolisme
  • Udara yang masuk melalui hidung mengakibatkan manusia dapat mencium bau
  • Aliran udara yang melalui tenggorokan, digunakan untuk menghasilkan suara, sehingga kita dapat berbicara
  • Pernapasan menghasilkan sejumlah air dalam sistem tubuh untuk membantu mengurangi panas tubuh.

 paru-paru alat pernapasan
Picture

2. Alat Pernapasan pada Hewan
Hewan memiliki alat pernapasan, ada beberapa jenis alat pernapasan pada hewan yang tentunya berbeda satu dan lainnya. Kucing, sapi, dan kerbau bernapas dengan paru-paru sedangkan sebagian besar jenis ikan bernapas dengan insang. Lain halnya dengan serangga yang bernapas dengan trakea.

a. Ikan
Ikan bernapas dengan insang yang berjumlah 4 pasang. Saat mulut ikan terbuka, air masuk ke rongga mulut, sementara tutup insang menutup. Kemudian, oksigen yang terkandung di dalam air diikat oleh kapiler darah. Sebaliknya karbondioksida dikeluarkan melalui insang. Ikan memiliki labirin, yang berfungsi menyimpan cadangan oksigen. Ikan bernapas dengan menggunakan insang. Alat pernapasan ikan ini terdapat di sebalah kanan dan kiri kepalanya serta dilindungi oleh tutup insang. Berikut gambar alat pernafasan ikan :
Picture
ikan
b. Burung
Burung bernapas dengan paru-paru. Pernapasan pada burung dibantu oleh pundi-pundi (kantong) udara. Pundi-pundi udara ini merupakan alat bantu pernapasan, terutama pada saat terbang. Pada saat terbang, burung menyimpan udara di dalam pundi-pundi.
Jalannya pernapasan pada burung yaitu :
  • Udara masuk melalui hidung
  • Tenggorokan
  • Pundi-pundi udara
  • Paru-paru
Berikut gambar alat pernafasan burung :
Picture
burung

c. Serangga
Serangga bernapas dengan trakea. Oksigen diedarkan tidak melalui darah, tetapi diedarkan oleh sistem trakea. Keluar masuknya udara disebabkan getaran otot tubuh secara teratur. Contoh serangga adalah nyamuk, belalang, lalat, rayap, dan kupu-kupu. Proses pernapasan serangga menggunakan trakea sebagai alat pernapasanya. Berikut gambar alat pernafasan serangga :

serangga

d. Cacing
Cacing tidak punya alat pernapasan khusus. Oksigen masuk ke dalam tubuh melalui permukaan kulit tubuhnya yang basah. Kulit yang basah mempermudah masuknya oksigen dan keluarnya karbondioksida. Cacing bernapas dengan permukaan kulitnya. Udara yang berada di sekitar cacing, yaitu berupa oksigen akan masuk ke dalam tubuh cacing melalui permukaan kulitnya yang lembap. Kulit yang lembap ini selain mempermudah masuknya oksigen ke dalam tubuh, juga memudahkan keluarnya karbon dioksida yang merupakan zat sisa pernapasan. Berikut gambar alat pernafasan cacing :
 Picture
cacing
e. Hewan Amfibi
Merupakan hewan yang dapat hidup/tinggal di dua alam (darat dan air). Alat pernafasan yang digunakan dapat berupa insang, kulit dan paru-paru. Berudu bernapas dengan tiga pasang insang luar yang terdapat di kepala bagian belakang. Insang luar tersebt terdiri dari lembaran-lembaran kulit luar yang halus dan mengandung kapiler darah. Katak dewasa bernapas dengan paru-paru kanan dan kiri. Di dalam paru-paru itu terdapat banyak gelembung udara. Oleh karena itu, kulit katak selalu kelihatan basah. Melalui kulit yang basah itu, atak mengikat oksigen.seperti contoh berikut ini:

Picture 
f. Hewan Mamalia
Alat pernapasan mamalia sama dengan manusia, yaitu paru-paru. Untuk memperoleh oksigen, mamalia menghirupnya dari udara. Oleh karena itu mamalia sering muncul ke permukaan air untuk menghirup udara. Semua hewan mamalia, baik mamalia darat maupun mamalia air bernapas dengan paru - paru.    
Contoh: Seekor lumba-lumba dan paus mengeluarkan kepalanya ke permukaan air untuk menghirup udara dan setelah lama menyelam kembali ke permukaan air untuk menghembuskan udara lembab dan hangat dari paru - parunya

g. Hewan Reptil (melata/merayap)
Alat pernapasan reptil yaitu paru-paru. Reptil contohnya (ular, kadal, cecak dan buaya). Udara masuk melalui hidung kemudian masuk ke batang tenggorokan lalu ke paru - paru.
 
3. Gangguan Pada Alat Pernapasan Manusia
a. Pencemaran udara
Pencemaran udara ini dapat diakibatkan oleh debu, asap, dan bau tak sedap. Berikut contoh gambar pencemaran udara :
polusi

b. Penyakit dan gangguan yang menyerang alat pernafasan
Alat pernapasan manusia dapat mengalami gangguan yang disebabkan oleh beberapa hal, antara lain, karena perilaku hidup tidak sehat dan lingkungan yang tidak bersih. Perilaku hidup tidak sehat yang mengganggu alat pernapasan contohnya merokok. Sedangkan lingkungan yang tidak bersih dapat menimbulkan gangguan dan penyakit, antara lain, influenza, asma, dan Tuberculosis (TBC).

c. Memelihara kesehatan alat pernapasan
Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk memelihara alat pernapasan kita adalah dengan melakukan pola hidup sehat. Berikut ini
beberapa contohnya :
                1) Menjaga kebersihan lingkungan
                2) Makan makanan bergizi
                3) Olahraga secara teratur
                4) Mengadakan penghijauan

B.  Alat pencernaan makanan pada manusia terdiri dari dua bagian, yaitu saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan.
- Saluran pencernaan makanan terdiri dari rongga mulut, kerongkongan, lambung, usus dua belas jari, usus halus, usus besar, dan anus.
- Kelenjar makanan merupakan alat pencernaan makanan yang menghasilkan enzim untuk membantu dalam proses pencernaan
makanan secara kimiawi.
- Gangguan atau penyakit yang berhubungan dengan alat pencernaan
manusia di antaranya adalah gigi berlubang, diare, dan mag.

C. Hubungan Makanan dan Kesehatan
Apa yang kamu rasakan apabila seharian penuh kamu tidak makan sama sekali? Menurutmu apakah fungsi makanan bagi tubuh? Manusia memerlukan makanan untuk melakukan berbagai aktivitas dalam kehidupan. Makanan yang kita makan, selain harus bersih dan sehat juga harus mengandung gizi yang cukup.
- Makanan bergizi merupakan makanan yang mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh, yaitu karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan air. 
- Menu makanan empat sehat lima sempurna merupakan menu makanan bergizi seimbang.

D. Alat peredaran darah pada manusia adalah jantung dan pembuluh darah.
- Jantung merupakan organ tubuh yang berfungsi memompa darah ke
seluruh tubuh melalui pembuluh darah.
- Pembuluh darah dibedakan menjadi dua, yaitu pembuluh nadi (arteri)
dan pembuluh balik (vena).
- Gangguan atau penyakit yang berhubungan dengan peredaran darah
adalah anemia, leukimia, varises, hipertensi, dan sklerosis.
Previous
Next Post »

WARNING..!! Etika BERKOMENTAR di Blog all's well :

a. Gunakanlah Perkataan yang Baik, Ramah dan Sopan
b. Komentar SPAM akan all's well HAPUS setelah direview
c. Komentar NEGATIF & RASIS akan Segera di HAPUS
d. Dilarang Menambahkan "LINK AKTIF" dalam Komentar

Note: "ANDA SOPAN KAMI PUN SEGAN" (all's well) ConversionConversion EmoticonEmoticon

Our Gallery