Ini Dia Teknik Meningkatkan Daya Ingatan Kamu...Dijamin Manjur..!!

Print Friendly and PDF


Memasuki tahun ajaran baru, menuntut siswa untuk mampu menyerap pelajaran dengan cepat. Jangan khawatir, sebab otak manusia diciptakan dengan memori yang besar.

Nah, sekarang tinggal bagaimana memanfaatkannya agar maksimal. Berikut ini tips untuk meningkatkan daya ingat, seperti dikutip dari Psychology Expert, Kendra Cherry, dalam artikelnya Research-Proven Techniques That Really Work, seperti dikutip Minggu (31/8/2014).

1. Fokus kepada apa yang dipelajari

Hasil gambar untuk gambar Teknik Meningkatkan Daya IngatanMemperhatikan dengan seksama semua materi pelajaran adalah langkah yang perlu dilakukan. Pada dasarnya otak memiliki dua fungsi yaitu jangka panjang dan jangka pendek. Agar materi pelajaran bisa tersimpan pada memori jangka panjang, maka yang perlu dilakukan, mencoa belajar dari situai yang banyak gangguan, seperti televisi, musik, atau hiburan yang lain.

2. Hindari belajar ngebut


Pelajarilah jauh-jauh hari materi pelajaran yang akan diujikan. Jangan menjejalkan semua materi. Menurut Profesor Robert A Bjork (peneliti bidang psikologi UCLA) mempelajari materi pelajatan selama beberapa sesi memberi waktu memadai untuk memproses informasi.

Penelitian telah menunjukkan bahwa siswa yang belajar secara teratur mengingat materi jauh lebih baik daripada mereka yang melakukan semua mereka belajar dalam satu sesi secara maraton.


3. Atur dan buatlah jadwal belajar secata terstuktur


Para peneliti telah menemukan bahwa informasi diatur oleh otak berdasarkan pengelompokan. Pola ini bisa dimanfaatkan untuk dengan mengatur jadwal belajar dan mengelompokannya. 

4. Tehnik Mnemonic
Mnemonic adalah tehnik menghapal dengan cara yang mudah, baik menggunakan singkatan maupun simbol-simbol tertentu. Misalkan untuk menghafal warna pelangi menggunakan singkatan me-ji-ku-hi-bi-ni-u, untuk menjelaskan warna merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu.

5. Mengulangi berulang-ulang

Agar materi pelajaran tertanam dengan baik di ingatan, gunakanlah tehnik encoding. Caranya, terjemahkan subjek yang akan dihafal, lalu sebutkan secara berulang-ulang. Sehingga saat

6. Menghubungkan yang lama dan baru
Ketika mendapat materi baru, luangkan waktu untuk berpikir tentang bagaimana informasi ini berhubungan dengan hal-hal yang sudah diketahui sebelumnya. Hubungkanlah informasi baru dengan hal-hal yang sudah diketahui tersebut. Dengan begitu kemungkinan untuk mengingat informasi akan lebih mudah.

7. Visualisasikan
Sebagian orang mudah untuk menyerap informasi bisa menggunakan visualisasi. Jika kamu masuk dalam kategori ini, buatlah gambar dari pelajaran yang sedang didalami. Misalkan untuk menghafal komponen daun, gambarlah daun dan partikel yang terkandung di dalamnya.

8. Berkelompok dan tunjuk guru

Selain menggunakan visual, ada tipikal siswa yang bisa dengan mudah menyerap informasi dengan cara mendengarkan. Cobalah belajar bersama teman, lalu tunjuklah salah satu di antara kalian untuk menjadi "guru" secara bergantian. Teman yang bertugas menjadi guru wajib membacakan materi pelajaran. Lalu diskusikan bersama-sama.

9. Atasi pelajari sulit dengan khusus

Jika kamu menemukan pelajaran yang sulit, berikan waktu yang cukup untuk memahami secara seksama. Caranya, pahami hal-hal yang mudah terlebih dahulu sampai ke pokok bahasan yang sulit.

10. Tidurlah yang cukup

Para peneliti telah lama mengetahui bahwa tidur adalah hal penting untuk memperkuat memori dan proses belajar. Bahkan, beberapa penelitian terbaru menunjukkan bahwa tidur siang setelah belajar sesuatu yang baru dapat membantu mengingat lebih baik. (faj)
Previous
Next Post »

WARNING..!! Etika BERKOMENTAR di Blog all's well :

a. Gunakanlah Perkataan yang Baik, Ramah dan Sopan
b. Komentar SPAM akan all's well HAPUS setelah direview
c. Komentar NEGATIF & RASIS akan Segera di HAPUS
d. Dilarang Menambahkan "LINK AKTIF" dalam Komentar

Note: "ANDA SOPAN KAMI PUN SEGAN" (all's well) ConversionConversion EmoticonEmoticon

Our Gallery