Kurikulum 2013 sudah mulai diterapkan
pada tahun ajaran baru 2013/2014, apakah dalam membuat atau menyususn
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sama dengan kurikulum sebelumnya,
yaitu RPP Berkarakter KTSP? Masih banyak guru yang belum mengetahuinya,
proses pelatihan Kurikulum 2013 masih terbatas pada sekolah-sekolah
yang mulai 15 Juli 2013 menerepkan Kurikulum 2013.
RPP merupakan rencana kerja yang
menggambarkan prosedur, pengorganisasian, kegiatan pembelajaran untuk
mencapai satu kompetensi dasar yang telah ditetapkan yang telah
dijabarkan dalam silabus. Lingkup RPP paling banyak mencakup satu
kompetensi dasar yang terdiri atas satu) indikator atau beberapa
indikator untuk satu kali pertemuan atau lebih.
Seorang guru harus memperhatikan
langkah-langkah penyusunan RPP. Dalam RPP Kurikulum 2013 dibagi menjadi
tiga langkah besar, kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan
penutup. Sebelum menyusun RPP, ada beberapa hal yang harus diketahui :
o RPP dijabarkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai kompetensi dasar.
o Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis.
o RPP disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.
o Guru merancang penggalan RPP untuk setiap pertemuan yang disesuaikan dengan penjadwalan di satuan pendidikan.
o Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis.
o RPP disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.
o Guru merancang penggalan RPP untuk setiap pertemuan yang disesuaikan dengan penjadwalan di satuan pendidikan.
Komponen RPP Kurikulum 2013:
o Identitas Mata Pelajaran
o Kompetensi Dasar
o Indikator Pencapaian Kompetensi
o Tujuan pembelajaran
o Materi ajar
o Alokasi waktu
o Metode pembelajaran
o Kegiatan pembelajaran
o Penilaian hasil belajar
o Sumber belajar
Menyusun Kegiatan Pembelajaran Kurikulum 2013
1. Kegiatan Pendahuluan
a.) Motivasi
o Guru memberikan gambaran manfaat mempelajari materi yang akan diajarkan
b.) Pemberian acuan
o Berkaitan dengan kajian ilmu yang akan dipelajari
o Ajuan dapat berupa penjelasan materi pokok dan uraian materi pelajaran secara garis besar
o Pembagian kelompok belajar
o Penjelasan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesua dengan rencana langkah-langkah pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
a.) Motivasi
o Guru memberikan gambaran manfaat mempelajari materi yang akan diajarkan
b.) Pemberian acuan
o Berkaitan dengan kajian ilmu yang akan dipelajari
o Ajuan dapat berupa penjelasan materi pokok dan uraian materi pelajaran secara garis besar
o Pembagian kelompok belajar
o Penjelasan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesua dengan rencana langkah-langkah pembelajaran
2. Kegiatan Inti
o Proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi inti dan kompetensi dasar
o Dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik
o Menggunakan metode yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran dengan proses eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi dilaksanakan melalui aktifitas mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji dan mencipta.
o Proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi inti dan kompetensi dasar
o Dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik
o Menggunakan metode yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran dengan proses eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi dilaksanakan melalui aktifitas mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji dan mencipta.
3. Kegiatan Penutup
o Kegiatan guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman/simpulan
o Pemberian tes atau tugas dan memberikan arahan tindak lanjut pembelajaran, dapat berupa kegiatan diluar kelas, dirumah atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan
o Kegiatan guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman/simpulan
o Pemberian tes atau tugas dan memberikan arahan tindak lanjut pembelajaran, dapat berupa kegiatan diluar kelas, dirumah atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan
Pada kurikulum 2013 ini, terdapat
beberapa perangkat-perangkat pembelajaran telah dipersiapkan oleh
Kemendikbud, seperti silabus, Komptensi Inti dan Kompetensi Dasar
sedangkan penyusunan RPP masih menjadi kewajiban guru. Penerapan
Kurikulum 2013 dilaksanakan secara bertahap hingga tahun 2015. Contoh
RPP kurikulum 2013 bisa Anda lihat di sini
WARNING..!! Etika BERKOMENTAR di Blog all's well :
a. Gunakanlah Perkataan yang Baik, Ramah dan Sopan
b. Komentar SPAM akan all's well HAPUS setelah direview
c. Komentar NEGATIF & RASIS akan Segera di HAPUS
d. Dilarang Menambahkan "LINK AKTIF" dalam Komentar
Note: "ANDA SOPAN KAMI PUN SEGAN" (all's well) ConversionConversion EmoticonEmoticon