Yuuk Anak-AnakQ..!! Latihan UN SD/MI 2018 Per Indikator Mapel (IPA-Matematika-Bahasa Indonesia) Via Online

Print Friendly and PDF
Berikut ini soal latihan ujian nasional sekolah dasar berdasarkan kisi-kisi un 2017 yang disusun per indikator soal. Silakan klik setiap kata Latihan pada setiap indikator untuk memulai latihan.

Latihan UN SD/MI 2018 IPA Per Indikator

Untuk soal latihan un berdasarkan kisi-kisi un 2018 silakan klik disini
Ciri makhluk hidup dan penggolongan hewan (Latihan)
1.   Mengidentifikasi ciri khusus tumbuhan yang hidup di lingkungan tertentu. (Latihan)
2.  Menjelaskan fungsi bentuk luar tubuh hewan yang merupakan ciri khusus dari hewan tersebut. (Latihan)
3.   Menentukan dasar pengelompokan hewan. (Latihan)
4.  Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya yang disajikan dalam gambar. (Latihan)
5. Menunjukkan pasangan yang tepat antara nama hewan dengan jenis makanannya yang disajikan dalam tabel. (Latihan)
Hubungan antarmakhluk hidup dalam ekosistem
6.   Mengidentifikasi rantai makanan pada ekosistem tertentu. (Latihan)
7.  Menentukan organisme yang dapat menduduki bagian pada rantai makanan yang tidak lengkap. (Latihan)
8. Menentukan peran organisme tertentu dalam suatu rantai makanan yang disajikan dalam gambar. (Latihan)
9.   Memprediksi perubahan yang terjadi pada ekosistem tertentu bila salah satu komponen dalam rantai makanan punah atau berkembang dengan pesat. (Latihan)
10. Memberikan contoh hubungan yang erat antarmakhluk hidup (simbiosis). (Latihan)
11. Menjelaskan alasan terjadinya hubungan antarmakhluk hidup pada suatu ekosistem berdasarkan ilustrasi contoh yang diberikan. (Latihan)
Perkembangbiakan dan penyesuaian diri makhluk hidup (Latihan)
12. Memberikan contoh tumbuhan yang dapat dikembangbiakkan berdasarkan ilustrasi/gambar cara perkembangbiakan. (Latihan)
13. Memberikan dua contoh hewan yang berkembang biak dengan cara tertentu. (Latihan)
14. Menentukan pasangan yang tepat antara jenis tumbuhan/hewan dengan cara perkembangbiakannya. (Latihan)
15. Mengidentifikasi cara hewan tertentu menyesuaikan diri terhadap lingkungannya berdasarkan ilustrasi. (Latihan)
16. Menjelaskan tujuan hewan/tumbuhan menyesuaikan diri dengan cara tertentu. (Latihan)
17. Menunjukkan pasangan yang tepat antara nama hewan/tumbuhan dan cara adaptasinya. (Latihan)
Pelestarian lingkungan (Latihan)
18. Menjelaskan cara melestarikan sumber daya alam tertentu berdasarkan kasus di suatu daerah. (Latihan)
19. Menjelaskan manfaat pelestarian lingkungan/sumber daya alam di suatu daerah. (Latihan)
20. Menjelaskan akibat dari kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan lingkungan berdasarkan ilustrasi yang disajikan. (Latihan)
21. Menjelaskan cara mencegah terjadinya erosi, abrasi, atau banjir berdasarkan kasus yang disajikan. (Latihan)
Bagian tubuh tumbuhan/hewan dan fungsinya (Latihan)
22. Menjelaskan fungsi bagian tubuh tumbuhan/hewan. (Latihan)
23. Menjelaskan manfaat bagian tubuh tumbuhan/hewan tertentu bagi kehidupan manusia. (Latihan)
Daur hidup beberapa hewan (Latihan)
24. Mengidentifikasi hewan yang mengalami daur hidup seperti tampak pada gambar/diagram. (Latihan)
25. Menentukan salah satu tahapan daur hidup hewan tertentu yang merugikan atau menguntungkan manusia berdasarkan ilustrasi. (Latihan)
Rangka manusia (Latihan)
26. Menentukan jenis sendi yang disajikan dalam gambar. (Latihan)
27. Menentukan arah gerak sendi yang disajikan dalam gambar. (Latihan)
28. Menjelaskan fungsi bagian rangka yang disajikan dalam gambar. (Latihan)
Sistem organ pada manusia (Latihan)
29. Mengidentifikasi bagian yang ditunjuk pada gambar sistem organ sesuai dengan fungsinya. (Latihan)
30. Menentukan jenis penyakit yang disebabkan adanya gangguan pada organ tertentu. (Latihan)
Sifat benda (Latihan)
31. Menentukan pasangan yang tepat antara benda dan sifat-sifatnya, disajikan dalam tabel.
Perubahan benda
32. Menentukan pasangan yang tepat pada tabel contoh kegiatan dan perubahan wujud benda yang terjadi. (Latihan)
33. Menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan perubahan benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan). (Latihan)
Gaya dan gerak (Latihan)
34. Menyebutkan jenis gaya dalam kegiatan sehari-hari berdasarkan gambar. (Latihan)
35. Menyebutkan contoh kegiatan yang menunjukkan gaya dapat mengubah gerak, arah , atau bentuk benda. (Latihan)
Bentuk energi dan perubahannya (Latihan)
36. Menentukan bentuk energi pada alat/benda saat digunakan berdasarkan gambar. (Latihan)
37. Menentukan alat-alat yang mempunyai perubahan energi yang sama dari beberapa gambar alat yang disajikan. (Latihan)
38. Menunjukkan gambar benda atau kegiatan yang memanfaatkan energi alternatif tertentu dalam kehidupan sehari-hari. (Latihan)
39. Menentukan cara menghemat energi berdasarkan ilustrasi tentang kelangkaan energi. (Latihan)
Suhu dan kalor (Latihan)
40. Menjelaskan penerapan kegiatan yang berkaitan dengan pemuaian/penyusutan. (Latihan)
41. Menunjukkan bagian alat rumah tangga yang berfungsi sebagai konduktor/isolator berdasarkan gambar (Latihan)
42. Menentukan benda-benda yang termasuk isolator/konduktor panas. (Latihan)
43. Menyebutkan contoh perpindahan panas dalam kehidupan sehari-hari. (Latihan)
Bunyi dan cahaya (Latihan)
44. Menyebutkan benda-benda yang dapat menyerap bunyi untuk mencegah gaung. (Latihan)
45. Menentukan alat musik yang dibunyikan dengan cara tertentu (misal digesek, ditiup, dipukul, dipetik, digetarkan). (Latihan)
46. Menentukan arah bayangan benda jika posisi sumber cahaya diubah berdasarkan gambar. (Latihan)
47. Menjelaskan sifat cahaya berdasarkan ilustrasi suatu kegiatan/gambar. (Latihan)
Listrik dan magnet (Latihan)
48. Menentukan saklar-saklar yang harus diputus/disambung sehingga beberapa lampu menyala/mati, bila diberikan gambar rangkaian listrik yang terdiri atas beberapa lampu dan dua saklar.
49. Menentukan cara membuat magnet berdasarkan gambar.
Sumber daya alam (Latihan)
50. Menjelaskan manfaat salah satu jenis sumber daya alam berdasarkan gambar.
51. Menentukan beberapa sumber daya alam yang dapat diperbaharui atau tidak dapat diperbaharui.
52. Menjelaskan dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan.
Daur air (Latihan)
53. Menentukan tahapan daur air berdasarkan gambar.
54. Menjelaskan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi daur air.
Sistem tata surya (Latihan)
55. Menjelaskan akibat gerakan bumi/ bulan terhadap matahari.
56. Mengidentifikasi gambar terjadinya gerhana matahari/bulan. (Latihan)
57. Menentukan nama planet yang ditunjuk pada gambar sistem tata surya.
58. Menentukan nama planet berdasarkan ciri-cirinya.
59. Menjelaskan dasar perhitungan kalender Masehi atau Hijriah.

TAMBAHAN LATIHAN:

Berikut ini merupakan soal latihan Ilmu Pengetahuan Alam kelas 4, 5, dan 6 SD. Silakan klik pada bab yang diinginkan untuk memunculkan soal.

Kelas 5 Semester 1

Latihan UAS ganjil IPA kelas 5 (paket1) (paket2) (paket 3) (paket4)

Kelas 5 Semester 2

Latihan UTS Genap

Kelas 6 Semester 1

Pelestarian Makhluk Hidup
Pemanfaatan Benda

Kelas 6 Semester 2

Penggunaan dan Perpindahan Energi
Energi dan Penghematannya
Tata Surya

Latihan UN SD/MI 2018 Matematika Per Indikator

Operasi hitung bilangan

FPB dan KPK

Pangkat dan akar bilangan

9.   Menghitung operasi bilangan suatu bilangan pangkat
10. Menentukan perhitungan bilangan perpangkatan tiga
11. Menghitung operasi bilangan suatu bilangan akar
12. Menentukan operasi hitung bilangan pangkat dan bilangan akar

Pecahan

13. Menyederhanakan pecahan
14. Mengurutkan berbagai bentuk pecahan
15. Menentukan hasil operasi penjumlahan atau pengurangan bilangan pecahan
16. Menentukan hasil operasi perkalian atau pembagian bilangan pecahan
17. Menyelesaikan masalah penalaran yang melibatkan operasi hitung bilangan pecahan
18. Mengubah pecahan menjadi bentuk persen atau desimal atau sebaliknya
19. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berbagai bentuk pecahan.
20. Menyelesaikan masalah tentang perbandingan senilai dengan tema tertentu.
21. Menyelesaikan soal tentang skala yang berkaitan dengan tema tertentu.

Satuan ukuran

22. Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan panjang yang berbeda.
23. Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan berat yang berbeda.
24. Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan waktu yang berbeda.
25. Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan kuantitas yang berbeda.
26. Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan luas yang berbeda.
27. Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan volume yang berbeda.
28. Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan jarak, waktu, dan kecepatan.
29. Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan debit.

Sifat dan unsur bangun datar (segitiga, segiempat, lingkaran)

30. Menentukan bangun datar berdasarkan sifatnya.
31. Menentukan kesebangunan pada bangun datar.
32. Menentukan keliling segiempat
33. Menentukan keliling lingkaran
34. Menentukan luas segitiga atau segiempat
35. Menentukan luas lingkaran.
36. Menentukan luas bagian lingkaran (setengah, seperempat atau tigaperempat)
37. Menentukan luas atau keliling gabungan dua bangun datar
38. Menyelesaikan masalah penalaran yang berkaitan dengan bangun datar

Sifat dan unsur bangun ruang (kubus, balok, tabung)

39. Menentukan bangun ruang berdasarkan sifatnya.
40. Menentukan luas permukaan kubus atau balok.
41. Menentukan volume tabung.
42. Menentukan jaring-jaring dari salah satu bangun ruang.
43. Menentukan volume prisma segitiga.
44. Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan bangun ruang

Bidang dan letak Koordinat

45. Menentukan letak titik koodinat
46. Menentukan salah satu koordinat bangun datar yang belum diketahui.

Simetri dan pencerminan

47. Menentukan banyaknya sumbu simetri pada salah satu bangun datar.
48. Menentukan hasil pencerminan bangun datar

Mengumpulkan dan mengolah data

49. Menyajikan data dalam bentuk tabel.
50. Membaca data dalam bentuk tabel atau data acak/random

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan data

51. Menentukan diagram batang dari data yang disajikan dalam bentuk tabel.
52. Menentukan diagram lingkaran dari data yang disajikan dalam bentuk tabel.
53. Membaca data yang disajikan dalam bentuk diagram batang.
54. Membaca data yang disajikan dalam bentuk diagram lingkaran
55. Menentukan rata-rata hitung dari data yang disajikan dalam
bentuk diagram, tabel, atau data acak
56. Menentukan modus dari data yang disajikan dalam bentuk diagram, tabel, atau data acak.
57. Menentukan median (data tengah) dari data yang diberikan
58. Menyelesaikan masalah bertema kegiatan ekonomi yang berkaitan dengan rata-rata.
59. Menyelesaikan masalah bertema kegiatan ekonomi yang berkaitan dengan modus.
60. Menafsirkan hasil pengolahan data berbentuk diagram, tabel, atau data acak yang bertema kesehatan.

Latihan UN SD/MI 2018 

B. Indonesia Per Indikator

Membaca Non Sastra
1.   Menentukan kalimat utama paragraf tentang makhluk hidup atau lingkungan
2.   Menentukan ide pokok paragraf
3.   Menentukan simpulan paragraf
4.   Menentukan pernyataan sesuai isi paragraf
5.   Menentukan kalimat tanya sesuai isi paragraf
6.   Menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan dengan kata tanya:  bagaimana dan mengapa
7.   Memprediksi kejadian berkaitan dengan isi bacaan
8.   Mengambil informasi dari isi teks sederhana untuk melengkapi tabel
9.   Memaknai kata/istilah dalam paragraf
10. Menentukan antonim/sinonim dalam kalimat
11. Menentukan topik teks percakapan
12. Menentukan kalimat sesuai isi iklan
13. Menentukan isi paragraf laporan
14. Menanggapi isi paragraf instruksi
15. Menentukan makna kata dalam paragraf instruksi
16. Menentukan pernyataan sesuai dengan isi paragraf instruksi
17. Menentukan pernyataan sesuai dengan isi teks penjelasan (teks prosedur)
18. Menentukan isi pidato
19. Mengidentifikasi jenis-jenis paragraf
20. Menentukan nomor telepon ke suatu tujuan berdasarkan beberapa kode telepon wilayah dan nomor telepon beberapa kota pada ilustrasi
21. Menentukan persamaan/perbedaan isi teks
Membaca Sastra
22. Menentukan pesan pantun
23. Menjawab pertanyaan sesuai isi cerita dengan kata tanya:  bagaimana dan mengapa
24. Menentukan watak tokoh cerita
25. Menentukan amanat cerita
26. Mentukan latar cerita
27. Menjelaskan sifat tokoh utama dalam cerita
28. Menentukan tema cerita
29. Menentukan maksud pernyataan pada bagian cerita tertentu
30. Menentukan keteladanan tokoh cerita
31. Memprediksi kejadian berkaitan dengan isi cerita
32. Menentukan nilai moral positif dalam cerita
33. Menentukan kesimpulan cerita
34. Menentukan maksud syair
35. Menentukan makna kata kias pada syair
Menulis Terbatas
36. Melengkapi teks percakapan
37. Menyusun kalimat-kalimat petunjuk penggunaan sesuatu
38. Melengkapi teks petunjuk melakukan sesuatu
39. Menyusun kalimat-kalimat cara membuat sesuatu
40. Melengkapi paragraf dengan kalimat
41. Melengkapi paragraf dengan istilah
42. Melengkapi pantun
43. Melengkapi paragraf dengan kata baku tentang hemat energi
44. Menyusun kalimat-kalimat menjadi paragraph padu
45. Melengkapi iklan dengan kata/kalimat tentang hemat energi
46. Menyusun kalimat iklan yang efektif sesuai dengan gambar
47. Melengkapi paragraf laporan dengan kalimat
48. Mendiskripsikan gambar mahluk hidup/lingkungan
49. Menyusun kalimat-kalimat hasil pengamatan menjadi paragraf laporan
50. Melengkapi teks pidato persuasif dengan kalimat
51. Menggunakan ungkapan dalam kalimat
52. Menyusun kalimat-kalimat menjadi paragraf narasi
53. Menyusun kalimat-kalimat menjadi paragraf deskripsi
Menyunting kata/istilah, frase, kalimat, paragraf, ejaan, dan tanda 
baca
54. Menunjukkan kesalahan penggunaan kata pada paragraf
55. Menggunakan ejaan sesuai kaidah
56. Menggunakan tanda baca sesuai kaidah
57. Memperbaiki kesalahan ejaan pada kalimat/paragraf
58. Memperbaiki kesalahan tanda baca pada kalimat
59. Memperbaiki penulisan/penggunaan istilah/kata
60. Memperbaiki penggunaan kata bentukan/berimbuhan pada kalimat
61. Memperbaiki tata kalimat pada paragraf
Share: https://tekunbelajargembira.wordpress.com
Previous
Next Post »

WARNING..!! Etika BERKOMENTAR di Blog all's well :

a. Gunakanlah Perkataan yang Baik, Ramah dan Sopan
b. Komentar SPAM akan all's well HAPUS setelah direview
c. Komentar NEGATIF & RASIS akan Segera di HAPUS
d. Dilarang Menambahkan "LINK AKTIF" dalam Komentar

Note: "ANDA SOPAN KAMI PUN SEGAN" (all's well) ConversionConversion EmoticonEmoticon

Our Gallery